Bagikan

Singkawang, MC – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tim gabungan Satlantas Polres Singkawang, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Narkotika Nasional (BNN) Singkawang dan Jasa Raharja melakukan ram check terhadap angkutan umum di Terminal Beringin dan Jembatan Timbang, Rabu (23/12/2020).

Setidaknya ada 14 kendaraan umum yang dilakukan pemeriksaan. Dimana 8 kendaraan dinyatakan lulus, 4 kendaraan diberikan peringatan untuk diperbaiki, dan 2 kendaraan umum dinyatakan tidak lulus.

Kasi Angkutan Darat, Dishub Singkawang, Adi Haryadi mengatakan tujuan digelarnya Ram Check ini adalah untuk pengawasan kelayakan operasional angkutan umum.

“Melalui Ram Check kita ingin memastikan kendaraan umum dan taksi yang mengangkut penumpang layak beroperasi melalui pengujian sesuai aturan berlaku,” ungkapnya.

“Kendaraan yang tidak lulus karena banyak factor. Diantaranya tidak ada tanda kendaraan bermotor, ban aus, tidak ada ban cadangan, tidak ada segitiga pengaman, tidak ada dongkrak dan pembuka roda, tidak ada tali pengaman tempat duduk serta wiper abnormal,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat lantas Polres Singkawang AKP Syaiful Bahri mengungkapkan kegiatan terpadu Ram Check ini dalam rangka Kamseltibcar jelang perayaan Natal dan tahun baru.

“Ini kita lakukan agar kendaraan yang beroperasi layak jalan. Layak dari segi keamanan dan segi operasional. Sehingga supir aman, pengguna jasa angkutan selamat, dan tidak menganggu Kamsetiblancar,” ungkap.

Selain mengecek kelengkapan administrasi dan keamanan angkutan umum, tim gabunga juga membagikan masker baik kepada supir dan pengguna angkutan umum.

“Tentunya kita tidak bosan-bosannya meminta, mengimbau seluruh warga menerapkan protocol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujarnya.