Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie melepas puluhan mobil hias yang mengikuti pawai takbir keliling dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Masjid Raya Singkawang, Selasa (4/6/2019) malam.

Hadir pada kegiatan Wakil Walikota Singkawang, Forkopimda Singkawang, Ketua MUI, Ketua PHBI dan peserta yang berasal dari OPD, pengurus dan remaja masjid se Kota Singkawang serta Madrasah dan Ponpes se Kota Singkawang.

“Pawai takbir ini merupakan wujud ekspresi kegembiraan kita bersama dengan seluruh umat muslim setelah sebulan penuh melaksanakan Ibadah puasa di bulan Ramadan,” kata Tjhai Chui Mie.

Selain itu, kata Tjhai Chui Mie melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan media untuk mepererat silaturahmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya.

“Kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi,” katanya.

Tjhai Chui Mie mengatakan hasil survey dari lembaga Setara Institute menempatkan Kota Singkawang di urutan pertam sebagai kota tertoleran. Predikat ini, menurutnya harus terus tertanam dan kita rawat sebaik mungkin, sehingga semerbaknya akan menyebar kemana-mana.

Ia mengharapkan seluruh masyarakat tetap bersatu padu dan bahu membahu agar Kota Singkawang tetap harmonis, aman dan nyaman untuk ditempati, untuk dikunjungi dan untuk berinvestasi.

“ini merupakan komitmen Pemkot Singkawang sesuai dengan visi misi Singkawang Hebat, yaitu “H” harmonis dalam keberagaman agama, etnis dan budaya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) kota Singkawang, Ruslam Karim mengatakan pawai takbir ini diikuti oleh utusan Organisasi Perangkat daerah (OPD) Kota Singkawang, pengurus dan remaja masjid se Kota Singkawang, serta Madrasah dan Ponpes se Kota Singkawang.

“Kendaraan hias ini dilombakan dengan memperebutkan hadiah total Rp25 juta,” katanya.

Pawai takbir ini, kata Ruslan, berkeliling di beberapa ruas jalan. Dimulai dari Masjid Raya Singkawang-Jl. Budi Utomo-Jl. Nusantara-Jl. Kalimantan-Jl. Setia Budi-Jl. Sejahtera-Jl. P. Diponegoro-Jl. Alianyang –Jl. Yos Sudarso dan finish kembali di Masjid Raya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparat keamanan TNI, Polri dan instansi terkait yang menjaga selama pelaksanaan kegiatan pawai takbir.

Usai pawai takbir, panitia mengumumkan pemenang lomba kendaraan hias pawai takbir. Juara pertama diraih Masjid Naqsabandiy, juara kedua Hidayatul Mutaqin dan juara ketiga diraih Masjid Hidayatul Amaniyah.

Kemudian harapan I diraih Forum Pemuda Kelurahan Melayu, harapan II Masjid As-Syuhada dan harapan III diraih POM Singkawang. Untuk juara favorit diraih UPT Kebersihan Singkawang.

MC. Kota Singkawang