Bagikan

Singkawang, MC – Kelompok Tani (Poktan)Sinar Pagi II Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur mmelakukan panen raya padi Situbagendit. 

Panen raya turut dihadiri Wali Kota Singkawang, Kepala BPS, Ketua DPRD, Kepala Dinas Pertanian,  Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kapolsek Singkawang Timur dan para petani Poktan Sinar Pagi II.

“Ada sekitar 68 Ha yang dilakukan panen raya padi Situbagendid, terdiri dari hamparan Baru Mekar 15 Ha, hamparan Peduli 15 Ha, hamparan Nekbalo 15 Ha dan hamparan Sinar Pagi II  23 Ha,” kata Tjhai Chui Mie, Rabu (15/7/2020).

Di hamparan lahan itu juga, sekaligus dilakukan kegiatan UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) sebagai bahan untuk pupuk organik tanaman padi yang sudah panen. 

“Diperkirakan akhir bulan sudah bisa panen semua,” ujarnya. 

Dia berharap, semoga petani selalu semangat dalam bertani apa lagi di musim Covid-19 sekarang ini.

“Harapan saya untuk para petani khususnya petani yang ada di Singkawang, tetap semangat dan tekun,” ujarnya.

Menurutnya, petani adalah merupakan pahlawan pangan yang telah berjuang meningkatkan produksi dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan di Kota Singkawang. 

“Pemerintah selalu berusaha melengkapi sarana prasarana pertanian seperti JUT, irigasi dan Alsintan yang diperlukan untuk memacu peningkatan produksi,” ungkapnya. 

Dia juga berharap kepada Dinas Pertanian agar terus melakukan  inovasi-inovasi  baru dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini. 

“Selain itu kepada camat dan lurah juga bisa memanfaatkan lahan-lahan pekarangan untuk menanam tanaman sayur-sayuran, untuk kebutuhan pangan keluarga,” jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Singkawang juga meresmikan Jalan Usaha Tani, melakukan penanaman pohon dan meninjau peternakan sapi warga masyarakat di Kelurahan Nyarumkop. 

“Semoga jalan yang dibuat sepanjang 210 meter ini dapat membantu dan memperlancar hasil panen kelompok tani Sinar Pagi II,” katanya.