Bagikan

Singkawang, MC – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Singkawang, Darnila mengatakan, kehadiran Pocadi diharapkan bisa mengurangi kerumunan masyarakat, karena masyarakat bisa membaca apa yang diinginkan dari Smart Phonenya mengingat sekarang ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

“Mau baca apa saja, bisa di klik melalui Smart Phone,” katanya, Kamis (28/1/2021).

POCADI menjadi terobosan kerjasama antara Perpustakaan Nasional bersama Dinas Perpustakaan dan Keasrsipan (Dispussip) di seluruh Indonesia. Terobosan ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat.

Pertimbangan Perpustakaan Nasional memilih kota Singkawang untuk menerima bantuan POCADI, karena perhatian baik dan komitmen Dinas Perpustakaan dan Keasrsipan (Dispussip) kota Singkawang.

“Menurut survey, minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, akibat minimnya prasarana yang dapat menjawab kebutuhan membaca,” ujarnya.

Layanan POCADI ini dilaksanakan di Singkawang Culture Center (SCC). Layanan ini dibuka setiap hari senin – jumat pukul 09.00 – 16.00 wib. Namun tidak menutup kemungkinan dikedepannya akan dibuka setiap hari, jika antusiasme masyarakat cukup signifikan.

Menurutnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang juga sudah memiliki aplikasi iSingkawangHebat. “Aplikasi ini bisa kita dapatkan melalui Play Store,” ujarnya.

Kemudian, dalam rangka meningkatkan minat baca di Kota Singkawang, Dinasnya akan menggelar lomba bercerita anak, lomba menulis cerita rakyat Kota Singkawang, pelatihan menulis dan sebagainya.

“Kegiatan-kegiatan ini akan mendukung peningkatan kecerdasan, minat dan budaya membaca masyarakat kota Singkawang di tengah pandemic,” katanya.