Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meresmikan layanan Pocadi (Pojok Baca Digital) yang bertempat di Gedung Singkawang Cultural Center, Kamis (28/1/2021).

Pojok Baca Digital (POCADI) merupakan tempat membaca yang memberikan layanan perpustakaan dengan format buku digital (e-book) dan juga layanan buku tercetak.

“Pojok baca digital ini merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI. Bantuan yang diberikan tentunya sudah melewati seleksi dan sebagainya,” kata Tjhai Chui Mie.

POCADI menjadi terobosan kerjasama antara Perpustakaan Nasional bersama Dinas Perpustakaan dan Keasrsipan (Dispussip) di seluruh Indonesia. Terobosan ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat.

Singkawang bisa mendapatkannya, tentu ini merupakan kerja keras dari Kepala Dinas Perpustakaan beserta jajarannya. Yang sudah berkomitmen bagaimana untuk menumbuhkembangkan minat baca masyarakat Singkawang.

“Beberapa terobosan sudah dilakukan, selain menghadirkan perpustakaan di kantor juga ada perpustakaan keliling dan yang lainnya,” ujarnya.

Sehingga dengan komitmen ini, barulah dilihat dan dinilai dari pusat jika Singkawang memang layak untuk mendapatkannya.

“Artinya dari 514 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, yang terpilih untuk mendapatkan bantuan ini ada sebanyak 90 kabupaten/kota yang salah satunya Kota Singkawang,” katanya.

Bantuan yang didapatkan diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan begitu kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang akan terwujud.

“Saya sangat berharap dengan adanya Pojok Baca Digital ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Singkawang sebagai pusat kegiatan yang dapat membantu meningkatkan ilmu pengetahuan, inovasi dan hal-hal positif lainnya. Karena hal tersebut merupakan salah satu modal untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat, khususnya seluruh masyarakat Kota Singkawang,” harapnya. *MC/Td