Bagikan

Singkawang, MC – Beredar sebuah pesan berantai mengenai informasi yang menyebutkan bahwa sehubungan dengan mewabahnya Virus Covid-19 maka dari itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memberikan bantuan berupa uang sejumlah Rp2.500.000 dengan syarat mengirimkan foto KTP dan buku rekening ke nomor telepon yang tercantum pada pesan tersebut.

Faktanya pesan berantai yang mencatut nama Kementerian Kominfo tersebut telah dibantah oleh Menteri Kominfo RI Johnny G Plate, bahwa pesan tersebut adalah tidak benar.

Diharapkan masyarakat agar selalu mengkonfirmasi dahulu setiap pesan atau informasi yang diterima mengenai Kementerian Kominfo pada situs resmi yang telah sediakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Ahyadi mengingatkan kepada masyarakat Singkawang, apabila menerima pesan baik melalui sms maupun WA yang menyatakan Kominfo memberikan bantuan untuk tidak dipercaya.

“Pesan tersebut adalah kabar Hoaks. Seperti yang disampaikan Bapak Menteri Kominfo,” katanya.

Pesan tersebut sempat dilaporkan masyarakat ke media sosial Kominfo Singkawang. Setelah mendapatkan laporan, pihaknya meneruskan kabar tersebut ke Kementerian Kominfo untuk mendapatkan klarifikasi dan penjelasan.

“Kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Silahkan mengkonfirmasi terlebih dahulu pesan atau informasi yang diterima. Lebih bijak dalam bermedos serta menyaring dulu sebelum dibagikan,” pesannya.