Bagikan

Singkawang, MC – Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang saat ini sudah mulai melakukan persiapan untuk menghadapi musim kemarau. 

“Berdasarkan fakta di tahun 2019, empat sumber air PDAM yang ada seperti di Eria, Hangmui, Tirtayasa dan Poteng akan kering khususnya pada musim kemarau,” kata Dirut Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang, Suriandi, Selasa (25/2/2020).

Sehingga sumber air baku yang menjadi andalan PDAM Singkawang pada musim kemarau hanya ada dua, yaitu Semelagi dan Seluang. 

Saat ini, pihaknya sedang melakukan penggabungan kanal di Intake Semelagi dan Seluang. 

Bahkan dalam waktu dekat, dia juga akan meminta pada bagian teknis untuk mengetes air yang ada di Intake Seluang untuk ditembakkan ke Eria guna melihat seberapa besar kebocoran pipa di lokasi. 

“Supaya apabila memasuki musim kemarau, kita sudah siap dengan sumber air baku untuk melayani pelanggan,” ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga terus mencari sumber-sumber air baku lainnya guna meningkatkan cakupan pelanggan kedepannya. 

“Pencarian sumber-sumber air baku ini supaya PDAM Singkawang dapat mengaliri air bersih ke semua penduduk yang ada di Kota Singkawang,” ungkapnya. 

Dia mengungkapkan, hingga Januari 2020, jumlah pelanggan yang ada di Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang baru mencapai 17.553 pelanggan. Namun, seiring waktu berjalan hingga 23 Februari 2020 sudah bertambah menjadi 17.642 pelanggan. 

“Asumsi saya sampai diakhir Februari 2020, bisa mencapai 17.700 pelanggan di dua bulan masa kepemimpinan saya sebagai Dirut Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang,” jelasnya.