Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di halaman kantor Walikota Singkawang, Sabtu (1/6/2019).

Upacara dihadiri Wakil Walikota Singkawang, Irwan, Sekda Singkawang, Sumastro, Forkopimda Kota Singkawang dan Kepala OPD dan diikuti oleh unsur TNI-Polri, ASN, Mahasiswa dan Pelajar serta Organisasi Kemasyarakatan.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIP) mengatakan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui eksistensi keindonesiaan masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” katanya.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

“Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sesuai dan pesan Presiden Jokowi, katanya, memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap Tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama, lanjutnya kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara.

“Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus komitmen terhadap indeologi Negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional,” katanya.

Kemudian yang kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Melalui peringatan ini, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” ujarnya.

MC. Kota Singkawang