Bagikan

Singkawang, MC – Perbaikan dan pelebaran jalan Tsafioedin Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat dalam tahap pengerjaan.

“Perbaikan dan pelebaran jalan ini sudah mulai dikerjakan dengan pemangkasan pohon yang ada di pinggir jalan,” kata Tjhai Chui Mie, Selasa (20/10/2020).

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang selaku pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintasinya karena ada pekerjaan perbaikan jalan.

“Jalannya akan dilebarkan 14 meter, kemudian sungainya akan kita buatkan bok dan kita tutup untuk dibuatkan jalan,” ujarnya.

Kepada masyarakat Singkawang, apabila ingin membangun rumah dan lainnya, tolong drainasenya dijaga. Sehingga kenyamanan dan kebersihan bisa terwujud di Kota Singkawang. 

“Maka dari itu, harus ada kerjasama dari semua masyarakat untuk pembangunan di Kota Singkawang,” ungkapnya. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Singkawang, Adi mengatakan, Dinas PUPR Kota Singkawang telah menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp2,7 Miliar untuk perbaikan ruas Jalan Tsafioedin, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat yang kondisinya saat ini sudah rusak dan berlobang.

“Perbaikan Jalan Tsafioedin akan segera dilakukan, mengingat pemenang lelang atas perbaikan jalan tersebut sudah didapatkan,” katanya 

Saat ini, katanya, sudah dipasang beberapa patok sebagai langkah awal pengerjaan perbaikan jalan tersebut, serta pembuatan time schadule oleh kontraktor yang menangani Jalan Tsafioedin tersebut.

“Terdapat banyak persiapan yang harus terlebih dahulu dilakukan untuk perbaikan Jalan Tsafioedin, beberapa diantaranya yaitu koordinasi dengan sejumlah pihak seperti Satlantas dalam mengatur arus lalu lintas saat proses pengerjaan, Satpol PP dalam memberikan edukasi kepada para pedagang, Dinas Lingkungan Hidup terkait pemindahan TPS yang berada di jalan itu,” ujarnya.

Sebelum diumumkannya pemenang lelang, pihaknya sudah melalui tahap koordinasi.

Dia mengungkapkan waktu pengerjaan Jalan Tsafioedin yang diberikan kepada kontraktor adalah 90 hari, dimana terhitung sejak 14 hari lalu saat kontraktor sudah terpilih.

“Untuk saat ini, kendala kontraktor masih menunggu tronton membawa alat ekskavator,” ungkapnya.

Menurutnya, perbaikan jalan Tsafioedin sepanjang 400 meter tersebut, juga akan disertai dengan pengerukan parit serta penutupan parit yang akan dijadikan sebagai tempat pejalan kaki.

“Pada rancangan perbaikan jalan Tsafioedin untuk ketinggian jalan adalah 20 Cm, dengan lebar jalan 10 Meter serta sepanjang 400 meter,” jelasnya.