Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie membuka peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke 6 Kota Singkawang Tahun 2019 di TPI Kuala, Rabu (20/11/2019).

Tjhai Chui Mie mengatakan peringatan Harkannas menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengingatkan dan menghentak kesadaran nasional tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan.  

“Ikan memiliki peran yang penting dan juga strategis dalam mendukung pembangunan nasional. Termasuk di dalam bidang ekonomi serta pangan dan gizi untuk masyarakat,” katanya.

Ia mengungkapkan untuk di Kota Singkawang tingkat konsumsi ikan masyarakat rata-rata adalah 30.000 Kg/Kapita. “Masih jauh dibawah tingkat rata-rata Kalimantan Barat yaitu sebesar 36,43 Kg/Kapita dan nasional 50,65 Kg/Kapita pada Tahun 2018,” ungkapnya.

Tjhai Chui Mie menuturkan Indonesia sebagai negara maritim telah diakui keberadaannya oleh dunia dan pernah mengalami masa kejayaannya.

“Itu sebabnya sektor kelautan dan perikanan menjadi sektor yang berpengaruh sebagai penggerak ekonomi kerakyatan, yang tujuannya untuk kesejahteraan rakyat,” katanya.

Tujuan Harkannas, kata Tjhai Chui Mie, adalah untuk meningkatkan rasa memiliki terhadap program peningkatan konsumsi ikan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional dan meningkatkan citra produk kelautan dan perikanan khususnya produk UKM.

Selain itu, tujuan lainnya untuk mempromosikan hasil-hasil kelautan dan perikanan domestik kepada masyarakat luas.

“Kemudian pemanfaatan produk perikanan sebaai komoditas ketahanan pangan dan gizi nasional serta meningkatkan konsumsi ikan daan kesejahteraan rakyat.