Bagikan

Singkawang, MC – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menggelar webinar dengan tema “Media Center Sebagai Humas Pemerintah” melalui platform Zoom dan Youtube Ditjen IKP Kominfo secara langsung (Live) Rabu, (22/7/2020).

Webinar diikuti seluruh Media Center Dinas Kominfo di Indonesia menghadirkan dua Narasumber, yakni Redaktur pelaksana Infopublik.id Ahmed Kurnia dan Redaktur pelaksana Indonesia.go.id. Elvira Inda Sari.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo RI, Widodo Muktiyo mengatakan peean penting media center sebagai Humas pemerintah adalah membangun dan menjaga kepercayaan publik dengan menciptakan pesan yang tepat agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat. 

Ditambah lagi, kata Dia, saat ini dimasa pandemi Covid-19 bisa berdampak pada psikis masyarakat dalam menerima informasi.

“Kepercayaan publik harus dijaga dan dibangun, jangan sampai masyarakat panik dan tidak percaya kepada media,” kata Widodo.

Ia menambahkan pengelola media pemerintah yang berfungsi sebagai Humas seharusnya menyampaikan informasi tidak hanya sebatas sent tetapi delivered kepada masyarakat.

“Untuk itu dibutuhkan pendekatan oleh pemerintah agar bisa menciptakan pesan dan packaging yang berkualitas agar dilirik dan diikuti oleh masyarakat,” ujarnya.

Peran penting media center sebagai Humas pemerintah ialah membangun dan menjaga kepercayaan pubik dengan menciptakan pesan yang tepat agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat ditambah masa pandemi Covid-19 bisa berdampak pada psikis masyarakat dalam menerima informasi.

Widodo berharap lini daerah bisa optimis menyebarkan pesan-pesan positif sekaligus menutupi berita-berita hoaks yang menganggu cara berfikir masyarakat, untuk itu ia mengajak untuk menanamkan pesan-pesan yang positif.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Singkawang Ahyadi berharap keberadaan Media Center ini mampu menjadi wadah interaktif antara Pemerintah Kota dengan masyarakat Singkawang.

“Media Center ini harus menjadi pusat pemberitaan dan komunikasi yang sifatnya interaktif bukan komunikasi satu arah sehingga terjadi dialog membangun,” ujarnya.

Keberadaan Media Center ini, katanya, harus mampu membangun “engagement” masyarakat bahwa semua lapisan ini menjadi bagian dari media center.

“Artinya adanya keterlibatan aktif masyarakat senantiasa menyampaikan dan menyebarluaskan berita maupun informasi yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Ia mengatakan apa yang menjadi harapan Kementerian Kominfo dan masyarakat akan keberadaan Media Center ini akan menjadi pengiring tujuan akan keberadaan Media Center.

“Kita ingin Media Center berperan sebagai Humas Pemerintah dan menjadi pusat komunikasi dan penyebaran informasi yang bermanfaat bagi pembangunan terutama dalam rangka menyukseskan Singkawang Hebat,” katanya.