Bagikan

Singkawang, MC – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang Ahyadi, menghadiri pembukaan pertemuan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) nasional.

Bakohumas yang dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo RI Widodo Muktiyo, digelar di Ballroom Novotel Hotel Pangkal Pinang, Kamis (24/10/2019).

Ahyadi berharap Bakohumas dalam rangkaian Sineragi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (Saik) dapat menambah wawasan serta memberikan sumbangsih untuk ikut berperan positif serta aktif mengedukasi masyarakat melalui informasi positif dan ikut memerangi informasi Hoax.

“Bakohumas sebagai humas pemerintah di semua institusi memiliki peran yang sangat strategis untuk ikut mengkampanyekan informasi positif kepada masyarakat,” kata Ahyadi.

Sementara itu, Dirjen IKP Widodo Muktiyo mengatakan dengan terlaksananya SAIK 2019 yang dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, menjadi bagian yang sangat penting di tengah peradaban bangsa Indonesia yang memasuki peradaban teknologi tinggi.

Teknologi saat ini, masyarakat akan menghadapi berbagai kemudahan, tetapi juga akan menghadapi berbagai ancaman dan tantangan terhadap temuan teknologi yang ada.

Sebagai Government Public Relations, peran Dinas Kominfo juga untuk mengingatkan masyarakat terutama anak-anak muda, untuk berhati-hati dalam melakukan kegiatan komunikasi secara online. Karena ada jejak digital dan tak bisa dihapus.

“Ini tugas kita semua orang tua untuk mengingatkan agar supaya nanti pada saat sudah lulus sekolah, lulus kuliah, jangan sampai gagal karena jejak digitalnya bermasalah,” tuturnya.

Ia mengingatkan pentingnya peran aktif tiap insan humas pemerintah dalam melakukan kontra isu maupun membangun narasi yang sesungguhnya. “Jangan sampai bangsa kita kehabisan ‘energi’,” katanya.

Melalui momen SAIK ini, kata Widodo peran humas pemerintah untuk bersikap milenial, salah satunya dengan aktif menyajikan postingan-postingan yang positif di media sosial.

“Semua Humas IKP diharapkan punya medsos dan aktif dalam medsos. Tentu tidak bijak kalau kita humas pemerintah tapi tidak punya media sosial, Tidak aktif memposting setiap hari. Inilah tantangan kita,” ujarnya.

MC. Kota Singkawang