Bagikan

Singkawang, MC – Ribuan personil lintas sektoral, puluhan kendaraan yang diperlengkapi alat semprot dan cairan disinfektan, seluruh armada BPKS di kota Singkawang, armada TNI-Polri, dikerahkan untuk penyemprotan cairan disinfektan secara massal di wilayah kota Singkawang, Kamis (26/3/2020).

Usai melakukan apel pasukan di halaman Kantor Wali Kota Singkawang, seluruh tim bergerak sesuai pembagian tugas. Kegiatan tersebut langsung dipimpin Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie selaku Tim pengarah Gugus Tugas Percepatan Penangaan Covid-19 Kota Singkawang.

Tak sendiri, Wali Kota Singkawang didampingi Wakil Wali Kota Singkawang Irwan, Jajaran pimpinan TNI-Polri, Ketua DPRD kota Singkawang Sujianto, Sekda Singkawang Sumastro. Para Asisten di lingkungan pemkot singkawang, Dan Rindam XII/TPR Kol Inf Agus Widodo, Danbrigif 19/KH Kol Inf Win Nindar, Dandim 1202/Skw Letkol Arm Vicktor.JL.Lopulalan, Kepala Rumkit DKT Tingkat IV Singkawang Myr Ckm Bowo Hery. Kapolres Singkawang AKBP Presetyo Adhi Wibowo, Kasat Pol PP Kota Singkawang. Kepala Pelaksana BPBD Kota Singkawang, Kepala Daops Manggala Agni kota Singkawang, Camat Se-Kota Singkawang, Ketua BPKS se-Kota Singkawang.

Wali Kota Singkawang pun bersama jajaran melakukan penyemprotan dengan diawali di kawasan terminal Bengkayang, Pasar Turi dan sekitarnya. Tidak ada yang luput dari penyemprotan mulai ruko hingga jalan di Kota Singkawang ikut tersiram Disinfektan.

“Hari ini dari pukul 08.00 wib diawali apel, kita melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara massal sebagai upaya penanganan pendemic Covid-19 di Kota Singkawang,” ungkapnya.

Bahkan ia mengapresiasi seluruh pelaku usaha dan pemilik ruko semua tutup toko, para pedagang di pasar tradisional tidak ada berjualan. “Ini merupakan bentuk kerjasama masyarakat. Ini juga menunjukkan masyarakat sudah mengerti (tentang Covid-19), sehingga apa yang kita lakukan dapat menekan penyebaran Covid-19 di kota Singkawang,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga melibatkan semua personil dan kendaraan dari berbagai instansi terkait yang ada di wilayah kota singkawang. Dimana juga jumlah personil dan relawan yang diterjunkan mulai dari tingkat kota hingga tingkat RT kurang lebih 2.500 orang. “Kegiatan ini di mulai pada hari ini sampai tiga bulan kedepan dan minimal satu minggu satu kali penyemprotan,” jelasnya.

Adapun kegiatan ini menyasar semua lini baik perkantoran, komplek pasar dan pemukiman. “Kepada para relawan dan para donatur mari kita dukung bersama kegiatan ini kami harapkan bekerja dengan tulus,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua DPRD kota Singkawang Sujianto mengatakan langkah pihaknya berharap sebagai pemda menjaga rakyat supaya sehat dan aman dari Covid 19. “Kami selaku DPRD akan terus mendukung langkah apapun dari Pemkot Singkawang dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19,” ungkapnya.

 Dandim 1202/Skw Letkol Arm Vicktor.JL.Lopulalan mengatakan pihaknya mengerahkan seluruh personil dalam rangka penyemprotan disinfektan massal dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Dan ini akan dilakukan nantinya oleh personil TNI-Polri tiga hari dari Kamis, Jumat hingga Sabtu. “Semoga dengan aksi nyata ini kota Singkawang tetap bersih dan sehat dan aman dari Covid-19. Tetap semangat dan luar biasa,” ujarnya.

Semua Tim dan personil yang tergabung dalam kegiatan penyemprotan masal sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti Masker, Sarung Tangan, Mantel Hujan dan Sepatu Bot/Karet.

Seluruh tim yang bergerak menuju menuju sasaran yang sudah di tentukan. Adapun penyemprotan disinfektan dibagi menjadi 5 wilayah, antara lain Untuk Singkawang Barat Pasar Turi dan Pasar Beringin, Terminal Bengkayang dan sekitarnya, Jl. P. Diponegoro, Jl. Setia Budi dan Jl. Sejahtera, Jl. GM. Situt dan Jl. Yohana Godang.

Sementara Wilayah Singkawang Tengah, Pasar Alianyang, Pasar Roban, Jl. Jend. Sudirman, Jl. KS Tubun, Jl. Pramuka, Jl. Bambang Ismoyo, Jl. Ratu Sepudak, Jl. Perwira. Di Wilayah Singkawang Timur Jl. Raya Bengkayang, Jl. Raya Mayasopa, Jl. Raya Sanggau Kulor, Wilayah Singkawang Utara Kelurahan Naram dan Semelagi Hilir, Simpang Vit sampai dengan Semelagi, Keluarahan Setapuk Kecil/Besar. Serta Wilayah Singkawang Selatan dari Jl. Tanjung Batu Harapan – Sedau – Pasir Panjang – Marhaban, Jl. Raya Sijangkung – Jl. Sagatani.