Bagikan

Singkawang, MC – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Singkawang periode 2021-2024 resmi dilantik oleh Ketua KONI Provinsi Kalbar di Balairung kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (27/2/2021).

Ketua KONI Kota Singkawang, Bambang Setiadi mengatakan bahwa dirinya dan pengurus akan mengemban amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Sebagai langkah awal, kami menyusun kepengurusan KONI Singkawang. Sejauh ini kami baru berumur 60 hari. Dan saya sangat merasakan semangat pengurus dalam mendata cabang olahraga, atlit, dan sarana prasarana di kota Singkawang,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah kota Singkawang yang telah menyediakan gedung sekretariat KONI Singkawang yang bertempat di lapangan Kridasana. Ia berjanji akan meningkatkan kualitas sumber daya hingga pada level regional, nasional, dan internasional.

Ia juga menyampaikan kebutuhan dan dukungan dari Pemerintah kota Singkawang dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk bisa mewujudkan impian tersebut. Salah satu kebutuhan yang Ia maksud adalah sarana dan prasana olahraga indoor.

Ketua KONI Provinsi Kalbar, Fachrudin Siregar mengatakan tolak ukur peningkatan olahraga suatu daerah tidaklah sebatas prestasi saja.

“Harga diri dari suatu bangsa diukir dengan prestasi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

Ia berharap berharap sarana dan prasana olahraga di Kota Singkawang bisa dilengkapi oleh Pemerintah. *Tentunya dengan segala kelengkapan yang ada, saya yakin peningkatan kualitas SDM dapat terpantau dengan baik,” ujarnya.

Sementara, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berjanji akan mendukung peningkatan olahraga kota Singkawang. Ia berpesan agar KONI Singkawang dan atlit untuk membuktikan pengingkatan SDM dengan tindakan nyata.

“Satu pesan saya, harus ada action. Tanpa ada action, sarana dan prasana yang ada hanya menjadi pajangan saja. Untuk kelengkapan sarana dan prasarana, Pemerintah kota Singkawang siap membantu dan mendukung segala kebutuhan yang ada,” unarnya.

Menurutnya, pengembangan sport tourism dan sport industry perlu didukung bersama-sama. Menurutnya, tujuan pengembangan ini untuk mendorong prestasi olahraga, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Ia meminta agar atlet-atlet Kota Singkawang dilatih dengan baik. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan, jika atlet-atlet berkembang maka pembangunan infrastruktur olahraga lainnya dapat diwujudkan.

“Peningkatan ini merupakan efek dan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat Singkawang. Ayo kita buktikan masyarakat kota Singkawang juga bisa berprestasi dalam hal olahraga,” ajaknya. *MC/td