Bagikan

Singkawang, MC – Era baru penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Pemkot Singkawang kini terwujud dibawah kepemimpinan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Melalui Dinas Kominfo Singkawang, Wali Kota uji kebolehan Telematics Control Management (TCM) Room yang berada di Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (15/1/2020).

Usai membuka tirai plang nama dan memotong pita masuk ruangan tanda peresmian, para undangan disuguhkan Lock Door System dengan kata kunci tanggal, bulan dan tahun kelahiran orang momor satu kota Singkawang.

Setelah pintu terbuka, seluruh peserta yang hadir disuguhkan ruang control room yang apik dengan konsep modern. Hampir interior ruangan berwarna biru dengan list dinding lampu. Samping kiri pintu masuk utama kita disuguhkan monitor raksasa, dimana sebelah kananya ada pusat operator. Didepan layar lebar video wall itu tersusun meja bentuk huruf U, lengkah dengan kursi dan mic wireless.

Dalam layar lebar itu, Dinas kominfo Singkawang pamer konten dalam sebuah channel portal Singkawangkota. Di chanel ini hampir seluruh “isi perut” Pemkot Singkawang dipaparkan. Semuanya berbasis Daring dan Luring.

Dari sisi layanan pemerintahan, TMC menunjukkan dengan sekali klik channel maka masyarakat bisa mengetahui wajah kota Singkawang. Mulai layanan pemerintahan, aktivitas Wali Kota dan Wakil Wali Kota hingga soal transparansi anggran dalam APBD Kota Singkawang tahun 2019 dan 2020 pun ditampilkan.

Warga juga melalui chanel singkawangkota.go.id juga menampilan soal wisata, kuliner, destinasi liburan dan hiburan, lowongan kerja, komoditi Singkawang, serta aktivitas terkini terkait dinas-dinas, kecamatan hingga kelurahan.

Tak sampai disitu, Tjhai Chui Mie juga pamer penintegrasian pemanfaatan CCTV untuk memantau kota Singkawang. Dimana dari kaca layar lebar itu, Wali Kota bisa melihat aktivitas keramaian tempat strategis di kota Singkawang hingga kepadatan lalu lintas jalanan Singkawang.

Selain itu TCM juga melalui perangkat TV raksasa bisa melakukan komunikasi layakanya “Video Call” bersama kantor kelurahan seperti di Kelurahan Mayasopa dan Kecamatan Singkawang Barat. Dengan hanya klik dan butuh hitungan detik, Tjhai Chui Mie bisa berbicara dengan warga Mayasopa dengan visualisasi.

TCM seolah berjalan menjelajahi Singkawang. Guna memantapkan pemanfaatan TCM, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie melakukan teleconfrence dengan Gubernur Kalbar Sutarmidji yang sudah disamping Sekda Kalbar dan Wakil Wali Kota Singkawang Irwan.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkot Singkawang. Bahkan dengan adanya TCM ini, Kota Singkawang lebih maju dibandingkan daerah daerah lain.

“Dengan adanya langkah ini Singkawang merupakan sudah lebih maju setelah Pemerintah Provinsi Kalbar,” ujarnya.

Gubernur mengajak daerah lain patut meniru layanan prima bagi masyarakat berbasis elektronik ini. Sehingga pemkot bisa melakukan keterbukaan informasi publik termasuk ekpose APBD. “Dengan adanya control room seperti ini maka kita bisa berupaya dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah guna mempercepat pembangunan,” katanya.

Dalam obrolan via online itu, Gubernur juga bertanya soal persiapan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang hingga berbincang terkait pembangunan Drainase perkotaan, penanganan banjir, hingga kepadatan lalu lintas serta pembangunan jalan provinsi di Singkawang.

“Apa yang kita lakukan guna mempermudah masyarakat mengetahui dan mengakses informasi tentang Singkawang. Karena kita ingin mewujudkan Singkawang Smart City,” jelasnya