Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang menetapkan delapan prioritas pembangunan Kota Singkawang tahun 2021.

“Hal ini untuk mencapai sinergi antara pembangunan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Senin (10/2/2020).

Delapan prioritas program tersebut, kata Tjhai Chui Mie, yaitu pemerataan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan, penyediaan utilitas dan sarana prasarana publik.

Kemudian, peningkatan pertumbuhan ekonomi, pemantapan kinerja aparatur birokrasi serta pengembangan dan penataan kawasan.

“Selain itu, prioritas lainnya yaitu pelestarian lingkungan hidup dan pemanfaatan ruang dan harmonisasi umat beragama dan kebudayaan,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan delapan prioritas program tersebut memerlukan pendanaan yang tidak sedikit, sementara aspek pembiayaan atau anggaran yang dikelola oleh Pemkot Singkawang relatif masih kecil.

Untuk menyikapinya, Pemkot Singkawang mengupayakan sebagian target atau prioritas pembangunan tahun 2021 tersebut dibiayai oleh APBD Provinsi Kalbar dan APBN.

“Kita upayakan sebagian prioritas dibiayai APBD Provinsi dan APBN,” ungkapnya.