Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan menggelar Sosialisasi Nelayan dan membagikan kartu asuransi kepada masyarakat nelayan di Taman Mangrove Kelurahan Setapuk Besar Kecamatan Singkawang Utara, Senin (15/7/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Yusnita Fitriyadi, Kepala Dinas PUPR, Camat Singkawang Utara, Lurah Setapuk Besar serta masyarakat nelayan.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Yusnita Fitriyadi mengatakan pada tahun ini menargetkan sebanyak 800 orang masyarakat nelayan akan mendapatkan kartu asuransi nelayan.

“Ini baru 100 orang, dan nanti kita akan data lagi untuk kita bagikan, targetnya itu di tahun ini ada 800 masyarakat yang nakal kita berikan bantuan kartu nelayan ini,” katanya.

Nelayan yang berhak menerima bantuan kartu asuransi ini, menurut Yusnita adalah para nelayan yang tidak menggunakan pukat trol, yang mana pukat trol sendiri merupakan satu di antara alat tangkap ikan yang dilarang di Indonesia.

Sementara itu, Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan bahwa pemberian kartu asuransi nelayan juga merupakan komitmen pihaknya memberikan kesejahteraan untuk para nelayan.

Ia menilai bahwa nelayan merupakan sebuah pekerjaan yang berisiko tinggi, sehingga pemberiannya asuransi ini sangat penting bagi masyarakat nelayan.

“Resiko dari nelayan itu kan luar biasa tinggi, jadi ini paling tidak buat keamanan keluarga jika terjadi musibah sudah ada penggantian atau proteksi untuk keluarga melalui asuransi ini,”jelasnya.

Kedepan dirinya akan meminta dinas terkait untuk terus melakukan pendataan masyarakat nelayan.

 “Bagi yang tidak mampu akan kita berikan bantuan dan bagi yang sudah mampu kita minta mandiri, Kita berharap setiap anggaran yang kita keluarkan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tetapi nanti akan didata terlebih dahulu,” ujarnya.

MC. Kota Singkawang