Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang menggelar rapat koordinasi Antisipasi dan Kewaspadaan Terhadap Coronavirus Disease (Covid-19) bersama pengelola apotek se Kota Singkawang di ruang rapat Wali Kota, Rabu (18/3/2020) malam.

Sekretaris Daerah, Sumastro mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan merupakan silaturahmi Ibu Wali Kota kepada pihak pengelola apotik se Kota Singkawang dalam rangka Kondisi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Singkawang.

Menurutnya, Pemerintah telah berupaya bersosialisasi, komunikasi dan mengedukasi masyarakat terkait dengan Antisipasi dan Kewaspadaan Terhadap Coronavirus Disease (Covid-19) Kota Singkawang.

“Kita harapkan, apabila dimungkingkan ketersediaan hand sanitizer, Disinfektan, Vitamin, dan masker agar diprioritaskan untuk Pemerintah guna dipriotaskan untuk fasilitas umum,” kata Sumastro.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang mengimbau Pengelola Apotek di Kota Singkawang agar dapat ikut berperan aktif Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)di Kota Singkawang.

“Kita hadir sebagai orang yang dapat memberikan edukasi/sosialisasi terkait informasi yang benar mengenai covid-19 kepada masyarakat dan menenangkan masyarakat dalam menghadapi issue-issue yang beredar,”ungkapnya

Terkait dengan kurangnya ketersediaan hand sanitizer, Disinfektan, Vitamin, dan masker yang di apotik, Wali Kota mengimbau pengelola apotek dapat memprioritaskan kepentingan umum.

“Diimbau ketersediaan hand sanitizer, Disinfektan, Vitamin, dan masker yang di apotik agar diprioritaskan untuk kepentingan umum.” katanya.

Dikatakannya, Sebagai alternatif, kembali ke alam yaitu bahan-bahan alami seperti siirih. Seperti yang dilakukan Puskesmas Sagatani 2 membuat hand sanitizer, tetapi kendalanya pada bahan baku.

“Jika ada ketersediaan bahan baku, dapat diberdayakan siswa untuk mengolahnya, sehingga ketersediaan hand sanitizer dapat diatasi,” katanya.

Ia berharap ada sinergitas antara Pemerintah dan pihak apotik dalam rangka penanganan covid-19 di Kota Singkawang.