Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang akan menggelar Carnival Wonderful Singkawang Ethnic (Wose Carnival) di halaman Mess Daerah, Jalan Merdeka, tanggal 19 Oktober 2019.

“Wose Carnival Singkawang tahun 2019 ini adalah dalam rangka memperingati HUT ke-18 Pemkot tahun 2019 ini,” kata Kepala Disparpora Singkawang, Bujang Sukrie, Rabu (9/10/2019).

Dia mengatakan, bahwa daerahnya yang sudah ditetapkan sebagai kota tertoleran di Indonesia, maka pihaknya mencoba untuk mengangkat budaya yang ada di Kota ini.”Tujuannya, untuk menggambarkan bahwa etnis yang ada di Kota ini sungguh sangat menjiwai sifat toleransi dengan cara membuat karnaval,” ujarnya.

Karena, melalui karnaval ini dapat disaksikan dan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar, khususnya di wilayah Singbebas yakni Singkawang, Bengkayang dan Sambas.

Menurutnya, Singkawang sebagai kota perdagangan, jasa dan pariwisata tentu harus banyak menggelar kegiatan, sehingga bisa lebih dikenal dan dirasakan oleh masyarakat, mengingat Singkawang memiliki banyak potensi dan tempat destinasi wisata.

Dia menambahkan, bahwa Wose Carnival Singkawang 2019 akan menampilkan tarian kolosal Gebyar Pesona Nusantara yang dibawakan oleh gabungan 17 sanggar se-Kota Singkawang.

Kemudian, Wose Carnival ini juga akan diisi dengan hiburan kolaborasi antara musik tradisional dan modern.

Sementara rute yang akan dilalui para peserta Wose Carnival Singkawang, antara lain, para peserta sebelumnya berkumpul di halaman Mess Daerah Singkawang, kemudian berjalan menuju ke Jalan Niaga dan mengelilingi Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang dan Masjid Raya Singkawang, dan finish di halaman Mess Daerah Singkawang.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para peserta yang ada di Kalbar, diharapkan untuk mendaftarkan diri hingga 15 Oktober mendatang.”Pelayanan pendaftaran akan dibuka dari Senin-Jumat dari pukul 08.00-15.00 WIB, di Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Singkawang, Jalan Kridasana, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat,” jelasnya.(MC. Kota Singkawang).