Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat, Tjhai Chui Mie dan Direktur Utama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN)  ANTARA Meidyatama Suryodiningrat menandatangani nota kesepahaman tentang layanan informasi publik, Kamis (7/11/2019) di Kantor Perum LKBN ANTARA, Jakarta.

Penandatanganan juga dilakukan ANTARA dengan Pemerintah Kabupaten Bandung, Kabupaten Buton, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Empat Lawang dan Kabupaten Kepahiang.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang menyambut baik kerja sama program layanan informasi publik dari Perum LKBN ANTARA.

Kerja sama ini, kata Tjhai Chui Mie dirasakan sangat besar manfaatnya serta memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam penyebarluasan informasi, seperti informasi pembangunan daerah, potensi budaya, potensi pariwisata serta kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Singkawang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Perum LKBN ANTARA yang telah mempercayai Kota Singkawang sebagai salah satu kota yang menerima layanan informasi publik berupa pemasangan media dalam ruang dan media luar ruang,” katanya.

Ia berharap kerja sama antara Pemkot Singkawang dan Perum LKBN ANTARA ini dapat segera direalisasikan. “Setelah MoU dan perjanjian kerja sama ini ditandatangani, selanjutnya akan segera kami tindaklanjuti dengan penyiapan lahan, perizinan dan juga penyiapan SDM,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ahyadi dan Managing Director Antara Digital Media, Darmadi melakukan penandatangan kerja sama terkait dengan penyebarluasan layanan informasi publik.

“Melalui kerja sama ini, LKBN Antara melalui anak perusahaan Antara Digital Media akan menyediakan fasilitas videotron di Kota Singkawang, untuk memperkuat dan mengoptimalkan kegiatan diseminasi informasi,” kata Ahyadi.

Ahyadi menambahkan informasi publik yang akan disebarluaskan melalui videotron itu tentang informasi Kota Singkawang dan informasi nasional yang berasal dari LKBN Antara.

“Dengan pemasangan videotron ini, akan semakin banyak informasi tentang potensi Singkawang yang dapat diinformasikan kepada publik secara lebih luas, sehingga bisa membuka peluang tumbuhnya investasi di Kota Singkawang,” ujarnya.

Sementara itu, Managing Director PT IMQ Multimedia Utama/Antara Digital Media, Darmadi mengatakan penandatanganan MoU dan PKS Layanan Informasi Publik tersebut bertujuan membangun dan memperkuat diseminasi informasi daerah.

“Kita membangun sinergi kolaborasi antara Perum LKBN Antara dengan Pemkot Singkawang. Kita bersinergi untuk melakukan diseminasi informasi,’’ jelasnya.

Dikatakan Darmadi dengan terciptanya kerja sama tersebut juga membuat pemerintah daerah bisa mengoptimalkan penyebaran informasi publik dalam banyak hal, termasuk mempromosikan potensi daerah.

“Menghadirkan informasi yang akurat dari seluruh pemerintahan daerah menjadi cara yang efektif menekan bahaya informasi dan berita hoaks,” katanya.