Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang memberikan penghargaan kepada 12 wajib pajak berprestasi tahun 2020 di Swissbell Hotel, Rabu (22/1/2020) malam.

Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Singkawang Zulhiar mengatakan penghargaan diberikan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, melalui tahapan penilaian oleh tim BKD sesuai kondisi nyata.

“Atas data dan fakta di lapangan, penghargaan ini diberikan kepada wajib pajak daerah sektor usaha hotel, restoran, hiburan, parkir dan penerangan jalan umum,” katanya.

Berdasarkan keenam sektor pajak daerah tersebut, pihaknya mengelompokkan kedalam 12 kategori terbaik sepanjang tahun 2019.

“12 kategori diantaranya terbaik hotel berbintang, terbaik hotel melati, terbaik penginapan, terbaik rumah kos, terbaik restoran dan terbaik rumah makan,” ujarnya.

Kategori lain yaitu, terbaik rumah minum, terbaik hiburan keluarga, terbaik hiburan ketangkasan, terbaik reklame, terbaik parkir dan terbaik penerangan jalan umum.

Dikatakan Zulhiar, yang menjadi dasar penilaian dan evaluasi tim penilai terhadap wajib pajak daerah didasarkan pada tiga indikator, diantaranya ketepatan waktu pelaporan dan pembayaran serta penerapan pajak daerah pada billbond.

“Dan juga nilai kontribusi terhadap penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Singkawang,” katanya.

Dirinya berharap melalui pemberian penghargaan ini bisa menjadi salah satu upaya untuk memancing partisipasi lebih besar dari wajib pajak.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para wajib pajak yang selama ini selalu taat membayar pajak,” ujarnya.

Dengan membayar pajak berarti masyarakat telah melaksanakan kewajibannya sebagai wajib pajak dan berkontribusi dalam pembangunan Kota Singkawang.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengapresiasi kepada seluruh pelaku usaha yang telah melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan benar.

“Dengan cara menyetorkan hasil pungutan pajak daerah dari konsumen,” katanya.

Pemkot Singkawang, katanya, terus mendukung program kegiatan dan sosialisasi produk hukum daerah dengan tujuan untuk mewujudkan institusi perpajakan dan pemahaman masyarakat terhadap pajak daerah menjadi lebih baik.

Ia berharap wajib pajak berprestasi ini menjadi panutan dan bentuk kampanye pajak bagi para wajib pajak lainnya untuk ikut meningkatkan ketaatan membayar pajak.

“Karena pembayaran pajak merupakan kontribusi nyata untuk pembangunan Kota Singkawang,” katanya.