Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang berharap pemerintah pusat bisa membantu pembangunan rumah sakit bertaraf internasional di kota Singkawang.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan, ketika menerima kunjungan kerja rombongan Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan, tenaga kerja dan BPJS di Kantor Wali Kota Singkawang.

“Untuk mewujudkan itu, saya mengajak Pemerintah Kabupaten Sambas, Bengkayang dan Mempawah untuk bersama-sama mendorong pemerintah pusat agar bisa mendirikan rumah sakit yang representatif atau bertaraf internasional di Kota Singkawang, guna menarik masyarakat Kalbar tidak lagi berobat ke luar negeri,” kata Irwan, Jumat (10/1/2020).

Pembangun rumah sakit bertaraf internasional di Kota Singkawang juga mengangkat harkat dan martabat kesehatan masyarakat di Kalbar.

Pemkot Singkawang, kata Irwan, sudah siap dan mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Anggota Komisi IX DPR RI. Alifuddin, salah satu anggota Komisi IX DPR RI juga memberikan sinyal mengenai hal ini.

“Ini memang harus diperhatikan. Terlebih Alifuddin adalah wakil dari Kalimantan, kenapa tidak kita maksimalkan peran beliau,” ungkapnya.

Sementara itu, Alifuddin menyatakan siap mendorong usulan dari Pemkot Singkawang itu. “Hal itu sejalan dengan dibangunnya bandara di Singkawang,” katanya.

Selain itu, RSUD Abdul Aziz Singkawang juga sudah bertipe B dan sudah memiliki dokter spesialis yang mencukupi.

Artinya, selain sudah memiliki rumah sakit, Pemkot Singkawang juga diharapkan bisa mencari lahan yang lebih luas lagi untuk membangun rumah sakit yang lebih besar.

“Tujuannnya agar Singkawang bisa bersaing dengan negara-negara lain. Mengingat masyarakat Kalbar banyak yang berobat ke luar negeri,” katanya.

MC. Kota Singkawang