Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang bersama PT Tigalapan Investama Group melakukan Penandatanganan kesepakatan bersama di ruang rapat Wali Kota Singkawang, Kamis (3/6/2021). Hal yang disepakati kedua belah pihak adalah tentang investasi dan pengelolaan sistem penyediaan air minum serta sarana penunjang lainnya di wilayah kota Singkawang.

Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Air memiliki peran penting dan fungsi pada keperluan industri, pertanian, transportasi dan lain sebagainya.

Direktur Utama PT Tigalapan Investama Group, Titi Khoriah menyatakan bahwa kebutuhan masyarakat akan air perlu didukung secara maksimal. Titi juga mengatakan akan mendukung kinerja Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) untuk memberikan pelayanan penyediaan air bersih bagi masyarakat kota Singkawang.

Ia menjelaskan kerjasama yang dibentuk adalah kerjasama business to business (B2B) dengan Perumda AMGP kota Singkawang yang memerlukan persetujuan dari Pemerintah kota Singkawang terkait Water Treatment Plant SPAM (sistem penyediaan air minum). Dalam hal ini, PT Tigalapan Investama Group siap mendukung tercapainya pelayanan air bersih dengan bersinergi Perumda AMGP kota Singkawang.

“Tentunya, dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, APBD suatu daerah mengalami refocusing, sehingga harus membangun kerjasama dengan badan usaha. Fokus dukungan kami berupa instalasi pengolahan air (intake), instalasi jaringan distribusi, dan instalasi transmisi. Kami akan support secara teknologi dan pendanaan guna mendukung cakupan pelayanan air bersih ke seluruh masyarakat.” katanya.

Titi berharap kerjasama PT Tigalapan Investama Group dengan Perumda AMGP kota Singkawang dapat memberikan konstribusi dalam hal pembangunan infrastruktur industri Water Treatment Plant. Titi menjabarkan tiga hal penting dalam penyediaan sistem air minum, yaitu kontinuitas ketersedian air, dan kualitas.

“Jadinya, pada saat musim kemarau, tidak ada lagi permasalahan yang timbul akibat kekurangan air. Maka dari itu, kami menjalin kerjasama ini sebagai bentuk kontribusi kami dalam menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat kota Singkawang.” ujarnya.

Sementara, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan jika pada musim kemarau kebutuhan air bersih sulit untuk dipenuhi. Maka dari itu, Ia berharap melalui kerjasama dengan PT Tigalapan Investama Group dapat membantu menjawab persoalan air tersebut dan meningkatkan penggunaan dan pelayanan air bersih bagi masyarakat kota Singkawang.

“Saat ini, terhitung pengguna air bersih di kota Singkawang baru mencapai  kira-kira 3.000 pelanggan. Maka, diharapkan akhir 2021, terjadi peningkatan pelanggan sebanyak 20.000 pelanggan. Oleh sebab itu, perlu ada tindak lanjut untuk mengeksekusi kerjasama antara PT Tigalapan Investama Group dengan Perumda AMGP kota Singkawang.” ujar Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakn melalui kerjasama ini yang menjadi sasaran utama untuk saat ini adalah menunjang penyediaan air bersih untuk Sekolah Polisi Negara (SPN) kota Singkawang dan Bandar Udara Kota Singkawang.

“Jadi nanti akan dibangun intake di danau Serantangan, Singkawang Selatan. Tadi dikatakan oleh pihak PT Tigalapan Investama Group, mereka sudah meninjau lokasi di dua tempat yaitu Danau Serantangan, Singkawang Selatan dan di daerah Semelagi, Singkawang Utara. Karena bicara tentang pembangunan bandara, tentunya dibutuhkan ketersediaan air bersih. Maka dari itu, kerjasama ini adalah upaya kita bersama untuk mencapai tujuan yang diharapkan,” ujarnya.

Government Public Relations