Bagikan

Singkawang, MC – Dinas Komuninasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang bersama Icon Plus menggelar Pelatihan Mikrotik bagi OPD Singkawang di Telematics Control Managemen (TCM) room, Kamis (12/3/2020).

Didalam Pelatihan Mikrotik ini akan dipelajari tentang pengelolaan, manajemen dan pengembangan jaringan internet dan intranet agar pemanfatannya semakin efektif dan efisien.

“Dan pada Pelatihan System Security dipelajari pengelolaan yang difokuskan pada efektifitas serta keamanan sistem jaringan tersebut agar tidak mudah mendapatkan gangguan dalam pendistribusian informasi dan pelayanan publik,” kata Kepala Bidang E-Goverment dan Telematika Dinas Kominfo, Evan Ernanda.

Dijelaskan Evan, saat ini jaringan internet telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi perorangan, organisasi, perusahaan,
dan instansi pemerintah.

“Dalam pemerintahan jaringan internet digunakan pemerintah untuk membuat
sistem informasi yang bermanfaat mempermudah tugas-tugas pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis elektronik, Peraturan Walikota Singkawang Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Tata Kelola Infrastruktur TIK, bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh institusi pemerintahan semakin meningkat.

“Harus dipastikan bahwa pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi tersebut benar-benar mendukung tujuan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Tentunya dengan memperhatikan efisiensi penggunaan sumber daya dan pengelolaannya,” ungkapnya.

Dengan kewajiban penerapan e-Government bagi institusi pemerintah, kata Evan, maka dalam mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi pemerintah daerah adalah dengan membuat website.

“Karena dengan website tersebut, kebijakan dan
informasi dasar yang diperlukan oleh masyarakat dapat terdistribusikan via internet,” katanya.

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini tidak lepas dari adanya peningkatan infrastruktur jaringan komputer. Salah satunya peningkatan infrastruktur tersebut adalah adanya Mikrotik.

“Ada banyak sekali komponen-komponen yang terdapat dalam suatu jaringan, yang mana akan
membentuk satu kesatuan yang menciptakan infrastruktur jaringan yang memadai sehingga nyaman untuk dinikmati,” katanya.

Ia berharap pelatihan mikrotik bagi OPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang dapat meningkatkan kapasitas)sumber daya manusia (SDM).

“Meningkatkanya SDM guna mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik (SPBE) sesuai Perpres di OPD masing-masing,” harapnya.