Bagikan

Singkawang, MC – SMP Negeri 4 Singkawang menjadi salah satu sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan ditingkat Provinsi Kalbar tahun 2020.

“Penyerahan penghargaan dilakukan di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya,” kata Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singkawang, Eka Sinta Sari, Kamis (24/12/2020).

Penghargaan yang diberikan, katanya, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi siswa/siswa untuk peduli dan berbudaya terhadap lingkungan.

Ia mengatakan penghargaan yang didapatkan bukan untuk kali ini saja, tetapi sudah berkali-kali yang diawali dengan penghargaan sekolah harmoni, kemudian ditingkatkan menjadi sekolah hijau, sekolah adiwiyata dan sekarang menjadi sekolah adiwiyata mandiri.

Penghargaan yang didapatkan pun tentunya tidak terlepas dari kerjasama antara guru dengan siswa SMP Negeri 4 Singkawang.

“Jadi gurunya yang harus aktif untuk mengajak dan memberikan contoh kepada anak-anak bagaimana cara peduli dan mengelola sampah yang ada di sekitar sekolah,” ungkapnya.

Diketahui, selain SMP Negeri 4 Singkawang yang mendapatkan penghargaan juga SD Negeri 23 dan SD Negeri 27 Singkawang.

“Selamat kepada tiga sekolah asal Kota Singkawang yang telah mendapatkan penghargaan tersebut. Semoga dapat menjadi contoh untuk sekolah lainnya yang ada di Kota Singkawang,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Singkawang, Emy Hastuti.

Dia berharap, tidak hanya pada sekolah negeri saja, tapi sekolah swasta pun juga dapat menerapkan berwawasan lingkungan sehingga bertambah banyak sekolah Adiwiyata yang ada di Kota Singkawang.