Bagikan

Singkawang, MC – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang menggelar pawai taruf dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1440 H tahun 2019, Minggu (5/5/2019). 

Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, Pemkot Singkawang menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada PHBI yang secara rutin setiap tahunnya mengagendakan pawai taaruf ini. 

“Dan insyaallah, pada malam takbiran juga PHBI akan menggelar kegiatan yang sama begitu pula dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam,” katanya saat melepas pawai tersebut.

Melalui kegiatan ini, tentunya PHBI Singkawang telah memberikan suatu ruang kepada umat Islam dalam mengekspresikan rasa gembira dan sukacita mereka dalam menyambut bulan suci Ramadan yang akan dilaksanakan pada Senin (6/5/2019). 

“Saya berharap kepada umat Islam bisa menjadi suatu role model keteladanan dalam kehidupan keagamaan di Indonesia serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan mengutamakan nilai-nilai toleransi, persaudaraan, dan keislaman yang rahmatan lil alamin,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua PHBI Kota Singkawang, Ruslan Karim mengatakan, kegiatan ini untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 H. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam sekaligus mengajak para kaum muslimin dan muslimat untuk bersama-sama bahagia dan bersukacita dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan,” katanya. 

Sebagaimana yang disabdakan Rasullullah saw, barang siapa yang senang dan bergembira dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan, maka akan diharamkanlah kulitnya dari siksa api neraka. 

Pawai taaruf ini, kata dia, melibatkan lembaga pendidikan, pengurus masjid, dan ormas Islam se-Kota Singkawang. 

“Semua kita ajak dan kita imbau untuk bersama-sama menyemarakkan bulan suci Ramadan,” ujarnya.
 

Sementara rute yang dilalui, mulai dari Masjid Raya Singkawang (start), berjalan menuju ke Jalan Niaga, Jalan Budi Utomo, Jalan Setia Budi, Jalan Sejahtera, Jalan Diponegoro, dan kembali ke Masjid Raya Singkawang.

(Media Center Singkawang)