Bagikan

Singkawang, InfoPublik – Digital merketing tidak hanya bermanfaat untuk membantu memasarkan produk dari pelaku bisnis dengan skala prioritas kelas atas, namun juga bermanfaat untuk mempromosikan produk UKM yang ada di Indonesia khususnya UKM Kota Singkawang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang, Istri Handayani saat membuka Bimtek Digital Marketing bagi UKM di aula Dinas Kominfo, Senin (30/9/2019).

“Pelaku UKM sudah saatnya merubah strategi pemasaran dari konvensional ke digital, pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi,” jelas Istri.

Dengan memanfaatkan media digital, kata Istri pelaku UKM dapat menyebarkan konten/brand produk keseluruh dunia hanya dengan beberapa klik.

“UKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing, selain biaya yang murah media sosial dianggap mampu secara langsung meraih konsumen.” Katanya.

Istri mengatakan digital marketing merupakan upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet.

“Pemasaran bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga termasuk promosi produk dan jasa baru, branding dan membina hubungan dengan pelanggan,”ujarnya.

Saat ini media internet yang mudah digunakan adalah media sosial seperti facebook, instagram, youtube.

“Pengguna media sosial yang terus meningkat untuk keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas bahkan sebagai media untuk mencari informasi, kini dioptimalkan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka,” katanya.

Ia berharap dengan kegiatan bimtek ini, UKM Kota Singkawang dapat terus meningkatkan dan mengembangkan organisasi dan usahanya serta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan sehingga menambah nilai ekonomis bagi organisasi dan keluarga.

“Semoga dengan bimtek ini dapat mengembangkan usaha para UKM sehingga menambah nilai ekonimis bagi keluarga,” harapnya.

MC. Kota Singkawang