Bagikan

Singkawang, MC – Kapolres Singkawang AKBP Prasetyo Adhi Wibowo memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Liong Kapuas tahun 2021 di halaman kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (10/2/2021).

Kapolres mengatakan digelarnya apel pasukan itu untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan, berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna menjaga perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2021 agar berjalan aman dan kondusif.

“TNI-POLRI dan seluruh pemangku kepentingan berperan besar dalam mengawal dan mengamankan perayaan Imllek dan Cap Go Meh,” kata Kapolres.

Dikatakan Kapolres, walau pada tahun ini perayaan Imlek dan Cap Go Meh berbeda, namun pihaknya akan tetap melaksanakan pengamanan agar pelaksanaan ibadah bagi masyarakat yang merayakan dapat terjamin rasa aman dan kenyamanannya.

Menurutnya perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2021 di Kota Singkawang memerlukan stabilitas keamanan dan keteriban masyarakat (kamtibmas). Stabilitas ini menjamin setiap rangkaian ritual ibadah berjalan dengan aman dan tertib.

“Mengingat pandemi covid-19 belum mengalami penurunan kasus, festival perayaan Cap Go Meh 2021 ditiadakan. Meski ditiadakan, operasi liong kapuas 2021 tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan 5M,” ujarnya.

Pada Operasi Liong Kapuas tahun 2021, Polres Singkawang menyiapkan 386 personil gabungan TNI, Polri dan Instnasi terkait lainnya.

Ia mengatakan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh dilakukan untuk memberikan perlindungan,pengayoman dan pelayanan masyarakat. Koordinasi ini bekerjasama juga dengan seluruh komponen masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sinergitas dan keterpaduan adalah wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” ujarnya. *MC/Td