Bagikan

Singkawang, MC – Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri mengatakan, dalam Operasi Ketupat Kapuas tahun ini, pihaknya akan melakukan Cek Point dengan mendirikan tiga Pos Pengamanan seperti di Jalan Pasir Panjang, Simpang BNI, dan Simpang Vit. 

“Anggota yang tergabung dalam Satgas dan pasukan pengamanan akan standby selama 24 jam,” kata Syaiful, Rabu (29/4/2020). 

Selama cek point berlangsung, sampai saat ini memang masih belum ada temuan. Namun, jika memang ada masyarakat yang mudik, akan diberikan larangan dan imbauan dengan tujuan agar masyarakat Singkawang tidak tertular Virus Corona. 

“Larangan mudik akan kita sampaikan, karena kita tidak tahu dalam perjalanan kita pernah kontak dengan orang lain. Dan kasihan, saat kita mudik namun keluarga kita yang di kampung yang awalnya sehat, tapi setelah kedatangan kita yang mudik tanpa disadari telah membawa virus hingga akhirnya keluarga yang menjadi korban. Maka itulah pertimbangannya, sehingga orang yang mudik harus betul-betul kita awasi,” ujarnya. 

Dalam Ops Ketupat juga, pihaknya siap memberikan pengawalan terhadap truk-truk pengangkut bahan kebutuhan pokok atau sembako guna menjamin kelancaran dan keamanan distribusi pasokan pangan ke sejumlah pasar modern maupun tradisional.

“Pengawalan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan mobil Patwal, tujuannya agar masyarakat luas tak panik menghadapi isu kelangkaan bahan pangan di tengah Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pengawalan yang dilakukan anggota Satlantas yang tergabung dalam Satgas Kamseltibcarlantas dalam Ops Ketupat Kapuas 2020 ini untuk memastikan pendistribusian bantuan berjalan dengan aman dan lancar tanpa gangguan ke tempat yang dituju.

“Kegiatan kemanusiaan ini menjadi atensi Kapolri, agar Polri hadir memastikan distribusi bantuan berjalan dengan lancar,” ujarnya. 

Dia juga memerintahkan anggota Satlantas untuk mendata warga miskin yang belum menerima bantuan agar sembako bisa didistribusikan kepada warga yang membutuhkan. 

Sementara itu, Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan, dalam upaya percepatan penanganan penyebaran covid-19 serta kegiatan Operasi Ketupat Kapuas 2020, Polres Singkawang akan memperketat pemeriksaan di beberapa lokasi check point.

“Pos check point dilakukan di daerah perbatasan, dititikberatkan di dua lokasi, yaitu daerah Singkawang Selatan dan Singkawang Utara,” katanya.

Dia menyebutkan petugas di lokasi check point melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermal gun, penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan, memberikan imbauan larangan mudik serta edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan serta physical distancing.

“Operasi Ketupat Polres Singkawang tahun ini sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya, karena lebih awal dilaksanakan dan lebih spesifik berdasarkan sasaran operasi di tengah kondisi Pandemi Covid-19,” ujarnya.