Bagikan

Singkawang, MC – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2022 tingkat Kecamatan di Kota Singkawang dimulai Selasa (2/2/2021) di aula Kecamatan Singkawang Utara.

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Singkawang Utara dibuka Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie. Turut hadir anggota DPRD Kota Singkawang, Kepala OPD, Camat Singkawang Utara, Lurah se Kecamatan Singkawang Utara dan tokoh masyarakat.

Wali Kota Tjhai Chui Mie mengatakan pemerintah senantiasa memberikan prioritas bagi pembangunan dan berfungsinya infrastruktur dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi. Fokus pembangunan Pemerintah Kota Singkawang secara merata dimulai dari penyediaan air, jalan dan jembatan serta pemukiman dan perumahan.

Menurutnya keberadaan infrastruktur yang baik mendorong terjadinya peningkatan produktivitas berbagai faktor produksi.

“Sebuah pembuktian, pada tahun 2021, Pemerintah Kota Singkawang menggelontorkan dana APBD kurang lebih Rp48 miliar untuk pembangunan di Kecamatan Singkawang Utara,” kata Tjhai Chui Mie.

Hasil pembangunan tersebut, katanya berupa pembangunan jalan Yunus Yacob, jalan H. Bakar, Demang Akub, Hamid Matali, Perkuatan Tebing Saluran jalan Semai, Perkuatan Tebing Saluran Primer Sungai Bulan, Perkuatan Tebing Saluran Primer Sungai Setapuk Besar.

Dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur Singkawang Utara ini, Tjhai Cui Mi mengharapkan kerjasama semua pihak terkait dimana kualitas pembangunan perlu diperhatikan dengan seksama.

“Kualitas pembangunan yang diprogramkan harus diperhatikan dengan seksama. Jika pengerjaan pembangunan dilakukan sembarangan, maka sama saja dengan menghamburkan uang negara.” Ujarnya.

Mempercepat pemulihan ekonomi dengan pembangunan infrastruktur menuju Singkawang Hebat 2022 menjadi fokus pembahasan Musrenbang RKPD Kecamatan Singkawang Utara ini.

Sejalan dengan visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Singkawang 2018-2023 yaitu mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur, mewujudkan tata kelola pemerintahan berkualitas, mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif, dan inovatif.

“Serta mewujudkan masyarakat sejahtera, mewujudkan masyarakat yang tertib dan mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Camat Singkawang Utara, Iriyani menyampaikan beberapa rencana pembangunan di  wilayah Kecamatan Singkawang Utara, seperti di Kelurahan Sungai hilir, Naram, Sungai Bulan, Sungai Rasau, Setapuk Kecil, Setapuk Besar, dan Semelagi Kecil.

Menurut Iriyani beberapa poin pembangunan  dibahas dalam musrenbang. Diantaranya pembangunan jalan, jembatan, pembuatan drainase dan pengadaan air bersih, normalisasi sungai, pemugaran puskesmas dan sekolah.

“Kemudian penerangan jalan, penyediaan sarana dan bibit pertanian, penyediaan sarana olahraga dan renovasi kantor lurah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Singkawang Yusnita Fitriadi mengungkapkan masih banyak pembangunan infrastruktur yang bisa dilakukan di wilayah Singkawang Utara.

Singkawang utara, kata Yusnita merupakan lahan hijau yang luas untuk pembangunan-pembangunan infrastruktur. Singkawang Utara adalah pusat kawasan pertanian, peternakan, dan pangan.

“Oleh sebab itu, percepatan pembangunan jalan berpengaruh pada kemudahan akses usaha dan kerja masyarakat,” ungkapnya. *MC/Td