Bagikan

Singkawang, MC – Aksi bersih-bersih drainase terus digalakkan oleh Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, terlebih saat ini sudah memasuki masa curah hujan yang lumayan tinggi.

Meski demikian, aksi gotong-royong dan kerja bakti membersihkan saluran atau drainase lingkungan sudah sejak lama didengungkan oleh Wali Kota. Salah satu pilar yang penting menurutnya adalah masyarakat mesti bahu membahu menjaga lingkungannya karena dengan gotong royong dan kerja bakti dapat selain membuat lingkungan menjadi nyaman juga mengantisipasi terjadinya banjir akibat tersumbatnya aliran air.

Gotong royong di masa pandemi dapat dilakukan mengerjakan area sekitar pemukiman, sehingga menghindari terjadinya interaksi jarak dekat, dan tentu saja menggunakan masker.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie stakeholder terkait meninjau dan membersihkan saluran/drainase yang berada di Jalan Antasari Gang Swadaya sampai menuju ke Jalan Tsafiudin beberapa waktu lalu.

“Di lokasi tersebut kita temukan ada beberapa drainasenya yang di persempit karena ada pembangunan rumah,” kata Tjhai Chui Mie, Kamis (24/9/2020).

Disamping itu, kedalaman drainase juga sudah dangkal sehingga perlu dilakukan normalisasi dan membuka titik-titik drainase yang sudah tersumbat.

Mengingat beberapa hari terakhir ini curah hujan cukup tinggi terjadi di Kota Singkawang, dia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing supaya tidak terjadi banjir di daerahnya.

“Perhatian bapak/ibu masing-masing akan sangat membantu pemerintah dalam rangka menciptakan dan mewujudkan Singkawang yang bersih, indah dan nyaman ditingali,” ujarnya.

Selain itu, dengan kesadaran masing-masing untuk menjaga lingkungannya maka akan dapat meminimalisir terjadinya banjir sehingga dapat mewujudkan Singkawang yang bersih dan sehat.

“Apabila ada masyarakat yang mengalami permasalahan lingkungan, segera sampaikan ke saya melalui nomor pengaduan 0811-5782-510,” pintanya.