Bagikan

Singkawang, MC – Tumpukan sampah hingga meluber ke jalan terlihat di tempat pembuangan sementara (TPS) Jalan Antasari Singkawang, Kamis (14/1/2021).

Tampak petugas kebersihan UPT Pengelolaan Persampahan membersihkan tumpukan sampah tersebut. Meski dengan bau yang cukup menyengat, petugas kebersihan bersemangat membersihkan tumpukan sampah.

Salah satu petugas kebersihan, Ridwan mengungkapkan saat ini di Singkawang sedang buah durian, volume sampah kebanyakan berasal dari kulit durian. “Kebanyakan sampah di tiap TPS adalah sampah kulit durian. Karena memang sudah musimnya,” ungkapnya.

Menurutnya, tumpukan sampah yang begitu banyak hampir menutupi sebagian jalan Antasari. Waktu pengangkutan sampah diusahakan sedini mungkin, agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Demi menjaga kebersihan kota Singkawang, Ia dan rekannya berusaha agar bisa segera mengangkut sampah dan tidak mengganggu pengguna jalan.

“Kebersihan kota itu penting. Kalau buang sampah sembarangan, Kota Singkawang jadi kotor dan gampang banjir. Apalagi momen imlek tinggal menghitung hari,” jelas Ridwan.

Ia menuturkan bahwa kesadaran masyarakat kota Singkawang untuk membuang sampah pada tempatnya sudah cukup baik. Ia berharap agar pola pikir seperti ini terus dipertahankan.

Terpisah, Kepala UPT Pengelolaan Persampahan, Rustam Efendi mengimbau kepada masyarakat Kota Singkawang untuk membuang sampah di tempat dan waktu yang telah ditentukan.

“Waktu pembuangan sampah mulai dari pukul 18.00 Wib hingga pukul 06.00 Wib. Jangan lagi ada yang membuang sampah diatas jam 06.00 wib,” ujarnya. *MC/TD