Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menekankan agar seluruh warga mentaati protokol kesehatan dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

“Selalu menggunakan masker dan rutin mencuci tangan serta selalu menerapkan physical distancing saat berinteraksi dan bersosialisasi,” katanya, Selasa (16/6/2020).

Begitu juga pelaku-pelaku usaha untuk tetap mengedepankan aspek protokol kesehatan, Tjhai Chui Mie tidak menginginkan jika dengan alasan new-normal warga melupakan protokol kesehatan yang telah dijalankan.

Ia menegaskan, tidak menutup kemungkinan new normal akan dihentikan dan protap kembali seperti sebelum new normal, apabila terjadi peningkatan kasus di lapangan.

“Apabila bapak ibu dan masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan, maka akan merugikan kita semua, karena kita akan melakukan evaluasi, jika terjadi peningkatan maka akan kita kembalikan seperti semula tanpa new normal,” ujarnya.

Tjhai Chui Mie juga mengatakan pihaknya akan tetap menjalankan rapid tes massal di lokasi-lokasi yang ditentukan. “Sifatnya dadakan, terutama ditempat-tempat ramai aktifitas misalnya saja di pasar,” katanya.

Masyarakat juga mesti memahami sifat dari rapid test adalah sebagai screening awal, jika ditemukan di lapangan ada yang reaktif terhadap alat rapid test, maka akan dikarantina di lokasi karantina terpusat.

“Jika di lapangan ada yang reaktif, maka akan kita karantina dilokasi yang telah ditentukan,”katanya:

“Intinya saya pinta tetap gunakan masker, sering cuci tangan, dan physical distancing, jangan abai dan lengah atau menyepelekan,” pungkasnya.