Bagikan

Singkawang, InfoPublik – Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama Walikota seluruh Indonesia menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Semarang, Rabu (3/7/2019).

Rakernas Apeksi dengan tema “Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah” dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo mengatakan Pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi dan mengucapakan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 telah jalan dengan demokratis, aman serta mencapai tingkat partisipasi yang tinggi.

Ia menegaskan Pemerintah Kota harus menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital, serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi di wilayah perkotaan.

“Perlu disadari bersama bahwa Pemerintah Kota akan terus dihadapkan pada tantangan yang pastinya juga akan lebih besar di masa depan, di antaranya tingkat urbanisasi yang masih tetap tinggi, pembukaan lapangan kerja, penyediaan perumahan dan kebutuhan pokok yang layak, serta persoalan transportasi yg semakin kompleks,” katanya.

Pemerintah kota harus terus membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, agar kompleksitas permasalahan perkotaan yang terus berkembang, mampu ditangani secara sinergi.

Otonomi daerah, kata Tjahjo membutuhkan kreativitas dan inovasi yang berbasis kearifan lokal setiap daerah. Dengan dukungan infrastruktur yang telah bertumbuh pesat di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam lima tahun terakhir ini, harus dimanfaatkan oleh seluruh Pemerintah Kota untuk terus berkembang melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Sehingga otonomi daerah terus tumbuh dan berkembang dangan baik, khususnya di wilayah perkotaan se Indonesia.

“Sinergitas pemerintah kota melalui Apeksi ini, akan berdampak positif bilamana disinergikan dengan baik bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten se Indonesia,” katanya.

Ia berharap pelayanan masyarakat di kota semakin maksimal dengan inovasi yang terus ditingkatkan. Ia juga berharap rakernas Apeksi mampu menghadirkan terobosan untuk kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diany mengatakan, pihaknya mengulas topik-topik tersebut dengan menghadirkan beberapa narasumber dari kementerian terkait agar masing-masing daerah dapat membuat proses pembangunan dan penataan di wilayah kota secara mandiri.

Airin juga menegaskan, seluruh pemerintah kota akan berkolaborasi satu sama lain dalam pembangunan kota sehingga tidak ada kota yang tertinggal ataupun yang kota maju secara sendiri.

“Kami sudah sepakat bersama-sama berkolaborasi untuk maju bersama-sama,” ujarnya.

MC. Kota Singkawang