Bagikan

Singkawang, MC – Sebagai kota tujuan destinasi wisata di Kalimantan Barat, Kota Singkawang terus berbenah dan menata tempat sebagai destinasi wisata baru.

Salah satunya dengan kehadiran sejumlah taman dan jalan gang di Kota Singkawang kini menjadi tempat yang asik untuk menjadi tempat berfoto atau bersantai bersama keluarga.

“Seperti lorong di Jalan Sejahtera yang dinamakan “Lorong Wisata Kenangan” atau Singkawang Back to The Past,” ungkap Sekda Singkawang, Sumastro, Senin (21/12/2020).

Sumastro mengatakan kehadiran destinasi wisata baru dalam Kota Singkawang ini letaknya di Jalan Sejahtera yang terhubung dengan Jalan P. Diponegoro.

“Jalan Connector Sejahtera dan Diponegoro ini baru di tata oleh Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Kota Singkawang,” kata Sumastro.

Menurutnya, Pemerintah Kota Singkawang tidak hanya sibuk bekerja sendiri dengan program-program ini tanpa dukungan, partisipasi dan rasa memiliki warga. Kedepan, pihaknya akan membangun sebuah kelembagaan untuk mengelola kawasan kota pusaka singkawang yang berbasis partisipasi warga masyarakat.

“Kita akan bentuk Forum Kota Pusaka Singkawang yang di dalamnya dilibatkan semua stakeholder yang peduli sebagai mitra kerja Pemerintah Kota Singkawang,” ujarnya.

Selain itu terdapat destinasi baru lain seperti taman burung yang kini telah di “permak” dengan gemerlap cahaya lampu yang menerangi malam kota pariwisata ini.

“Sebagai kota tujuan wisata, kita terus berbenah. Sehingga Singkawang semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan luar. Tentu saja akan berimbas dengan peningkatan PAD Singkawang,” katanya.

Anggota DPRD Singkawang, Muhammadin mengapresiasi kinerja pemerintah kota Singkawang yang berupaya agar kota semakin cantik dan indah. Tidak hanya membuat betah warga kota namun juga wisatawan.

“Sebagai ketua komisi yang membidangi dan bermitra dengan dinas teknis disektor pariwisata saya tentu mengapresiasi kinerja Bu wali dengan jajaran,” kata Muhammadin

Muhammadin menilai kota semakin bersahabat dengan warga domestik maupun wisatawan, karena memiliki tempat-tempat wisata yang berguna bagi melepas lelah dan penat.

“Meski demikian di masa pandemi ini tidak lupa saya ingatkan agar dalam beraktivitas diluar untuk selalu terapkan 3 M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” katanya.