Bagikan

Singkawang, MC – Dalam upaya mengkampanyekan gerakan membaca untuk masyarakat, khususnya anak-anak, Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Singkawang menggelar Lomba Bercerita tingkat SD/MI se-kota Singkawang tahun 2021

Hal ini pun sejalan dengan program yang dicetuskan pemerintah daerah Kalimantan barat yaitu Kalbar Membaca.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (24-25 Maret 2021) diikuti oleh 44 peserta. Setiap sekolah yang berpartisipasi mengirimkan maksimal masing-masing dua peserta. Setiap peserta lomba bercerita diwajibkan untuk membawakan kisah-kisah seputar budaya lokal daerah.

“Cerita yang dibawakan diambil dari hasil lomba menulis yang sudah diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Singkawang. Konsep kegiatannya, setiap anak akan bercerita dengan konsep drama. Pemenang lomba ini nantinya akan diikutkan kembali pada Lomba Bercerita di tingkat provinsi.” Ujar Darnila, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Singkawang, Jumat (26/3/2021).

Darnila mengatakan kegiatan ini diagendakan setiap tahun dengan tujuan tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa dan meningkatkan minat membaca masyarakat kota Singkawang, khususnya pelajar kota Singkawang.

“Selain itu, kegiatan ini penting untuk menggali potensi-potensi terpendam yang dimiliki oleh anak-anak didik di Kota Singkawang. Dengan mengetahui potensi pribadi, tentunya anak tersebut memiliki kepercayaan diri terhadap bakat yang ia miliki,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ia mendorong agar setiap tenaga pengajar dan orang tua murid untuk memperhatikan potensi dari masing-masing anak didik yang bisa diasah.

“Saya percaya kemampuan yang diasah semenjak dini dapat berguna di masa depan,” katanya. *MC/Td/VV