Bagikan

Singkawang, MC – Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan arus globalisasi mempengaruhi tata kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu Tim Litbang Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) mensosialiasikan aplikasi Halo Babinsa di Aula Makodim 1202 Singkawang, Selasa (16/3/2021).

Kasubditlitbang Tekter dan Sarpras Dirlitbang Pusterad, Kolonel Inf Adam Suwarno Pangeran mengungkapkan aplikasi Halo Babinsa merupakan aplikasi yang dibangun Direktorat Litbang bersama dengan muda-mudi bangsa.

“Dengan tujuan, memberi kemudahan kepada masyarakat untuk melaporkan kejadian yang terjadi,” katanya.

Menurutnya, aplikasi berbasis android ini memiliki dua versi, yaitu versi masyarakat dan versi Babinsa. Halo Babinsa versi masyarakat yang ditujukan untuk masyarakat umum. Sedangkan, Halo Babinsa versi Babinsa ditujukan khusus untuk Babinsa yang bertugas.

Perkembangan teknologi aplikasi Babinsa ini diharapkan dapat mempermudah jalur informasi dan komunikasi antara masyarakat dan Babinsa di wilayahnya. Begitu pula dengan kelancaran bantuan yang dapat diberikan Babinsa.

“Halo Babinsa memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melaporkan suatu permasalahan maupun bencana kepada babinsa,” ujarnya.

Mengusung slogan “Bersama Rakyat, TNI Kuat”, masyarakat dapat melaporkan setiap kejadian melalui aplikasi Halo Babinsa. Data laporan tersebut kemudian diteruskan dan ditindak-lanjuti babinsa.

Adam mengatakan fitur tombol darurat (Panic Button) pada Halo Babinsa versi masyarakat akan memberikan informasi secara langsung dan lengkap dengan lokasi kejadian.

Adapula fitur voice recorder dan laporan terkategori yang menggunakan teknologi monitoring berbasis GPS.

“Setiap laporan yang masuk akan tersusun dalam suatu demografi kawasan potensi bencana. Pemantauan reputasi dan kinerja Babinsa juga dapat dilihat melalui banyaknya kejadian yang tertanggulang,” katanya

Sementara, Dandim 1202 Singkawang Letkol Inf Condro Edi Wibowo mengatakan bahwa aplikasi Halo Babinsa ini merupakan sebuah permulaan baru yang baik. Penerapan ini pun diharapkan dapat mendekatkan hubungan antara masyarakat dengan TNI.

Aplikasi ini merupakan sebuah permulaan yang baik. Saya percaya jalinan informasi dan komunikasi dengan masyarakat menjadi lebih dekat dan akurat.

“Secara real time, kita dapat bahu-membahu menanggulangi permasalahan yang muncul di kota Singkawang,” ujarnya. *MC/Td