Bagikan

Singkawang , MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie hadir dalam kegiatan pencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang, pencanangan ini dilakukan di Lobby Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (10/6/2020).

Terdapat lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kita canangkan untuk menuju ZI WBK, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Singkawang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perhubungan, Badan Keuangan Daerah dan RSUD Abdul Aziz Singkawang.

“Apa yang sudah dicanangkan, diharapkan bisa diimplementasikan dengan baik dan tentunya perlu adanya kerjasama dan dukungan semua pihak serta komitmen yang kuat, ungkapnya”.

Dengan adanya komitmen kita bersama saya yakin dan percaya ZI WBK bisa dilakukan, khusus pelayanan publik sebaiknya bisa dilakukan secara elektronik guna mengurangi tatap muka langsung dengan masyarakat selaku pengguna jasa layanan.

“Karena itulah salah satu cara kita untuk mengurangi gratifikasi maupun korupsi,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme adalah merupakan upaya dalam meningkatkan kinerja birokrasi.

“Jadi tidak hanya demi mewujudkan reformasi birokrasi, akan tetapi lebih menjadi keharusan dalam mengembalikan kepercayaan dan memenuhi harapan masyarakat terhadap kinerja birokrasi dan perbaikan pelayanan publik,” jelasnya.

Dirinya selaku pimpinan akan terus melakukan pengawasan terhadap lima OPD yang sudah ditunjuk dalam pencanangan pembangunan ZI WBK.

“Sehingga, dengan pengawasan yang ketat ini bisa menghasilkan prestasi yang diharapkan,” tuturnya.

Bagi masyarakat baik yang mengalami langsung atau pun melihat adanya dugaan pungutan liar (pungli) di sejumlah pelayanan publik, bisa mengadukannya ke Dinas Komunikasi dan Informatika atau nomor aduan yang sudah disiapkan.

“Yaitu ke nomor 0811 5782 510, ini nomor pengaduan Wali Kota yang dipegang oleh staf,” ujarnya.

Kepada masyarakat Singkawang, apabila ingin berurusan dalam hal perizinan ataupun lainnya, jangan menggunakan jasa calo tapi datang sendiri dengan mempersiapkan persyaratan yang lengkap guna memudahkan proses pengerjaan.

“Jangan selalu ingin cepat tetapi tidak mempersiapkan semua kelengkapannya,” pesannya.