Bagikan

Singkawang, MC – Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Kelurahan Bersih Dari Narkoba (Bersinar) di Ruang Rapat Wali Kota Singkawang, Kamis (5/3/2020).

“Rakor ini bertujuan untuk menggagas pembentukan tim terpadu koordinasi pemberantasan narkoba khususnya di Kota Singkawang,” kata Irwan. 

Pemkot Singkawang akan melibatkan seluruh stakeholder yang ada sampai ditingkat Kelurahan. Bahkan Pemkot Singkawang juga akan mencanangkan lima Kelurahan sebagai “Pilot Project” Kelurahan Bersinar (Bersih Dari Narkoba).

“Jadi kami ambil setiap Kecamatan satu Kelurahan. Nanti akan kami pilih daerah-daerah mana saja yang memang rawan dengan peredaran gelap narkotika. Dan kita juga akan meminta masukan dari BNNK dan kepolisian, mana daerah-daerah yang menjadi tirik rawan narkoba,” ujarnya.

Harapannya, dari lima Kelurahan ini bisa mengkampanyekan bahwa seluruh Kelurahan (26 Kelurahan) di Kota Singkawang harus menjadi Kelurahan Bersinar kedepannya. 

“Sehingga ini harus menjadi kerja kita bersama, jadi bukan hanya kerja pemerintah, TNI, Polri dan BNNK saja, tapi juga masyarakat untuk mewujudkan Singkawang bebas dari narkoba,” ungkapnya. 

Apalagi narkoba sudah menjadi musuh dan persoalan bangsa, yang tentunya diketahui bersama bahwa dampak dari narkoba ini sangat-sangat panjang sampai kepada ke generasi yang berikutnya. 

Lima Kelurahan yang akan menjadi percontohan, antaralain, Sungai Garam di Singkawang Utara, Sedau di Singkawang Selatan, Roban atau Condong di Singkawang Tengah, Kuala di Singkawang Barat dan satu kelurahan masih dikaji khususnya di Singkawang Timur. 

Kepala BNNK Singkawang, Kompol Toto Budi mengatakan, jika program ini sudah sesuai dengan istruksi Kemendagri, dimana setiap Kecamatan akan diwakili satu Kelurahan agar bisa bebas dari narkoba.

“Untuk di Singkawang Timur masih kita cari titik mana yang paling rawan dengan peredaran gelap narkoba,” katanya. 

Harapannya, kelima Kelurahan ini bisa menjadi percontohan untuk mempersempit peredaran narkoba khususnya di tingkat Kelurahan. 

Lurah Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara, Dedi Wahyudi mengatakan, pada intinya senua sepakat jika narkoba adalah musuh bersama. 

“Semua steakholder harus bergandengan tangan untuk membasmi peredaran narkoba dari tingkat yang paling bawah sampai yang paling atas,” katanya.

Untuk itu, dirinya merupakan salah satu kelurahan yang menjadi Pilot Project dari Kelurahan Bersinar ini dari awal telah berkomitmen untuk menjadikan Kelurahan Sungai Garam Hilir bebas dari pengguna maupun pengedar narkoba jenis apapun. 

“Kami lini yang paling bawah akan menyuarakan perintah dalam hal ini adalah Pemkot Singkawang, BNNK, TNI dan Polri. Kami tidak akan mentoleransi kejahatan norkoba yang terjadi di Kelurahan kami, sesegara mungkin indikasi-indikasi yang mengarah ke situ akan kami laporkan kepada pimpinan kami ataupun pihak berwajib. SIngkawang Hebat Singkawang Bersinar,” ungkapnya.