Bagikan

Singkawang, MC – Direktorat Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pertemuan bersama Pemerintah kota Singkawang di ruang rapat Wali Kota, Rabu (9/6/2021). Pertemuan ini dimaksudkan untuk rapat koordinasi (rakor) monitoring center for prevention (MCP) dan monev tematik pendapatan, aset, perijinan, pengadaan, dan manajemen ASN Pemerintah Kota Singkawang.

Direktorat Korsup Wilayah III KPK dihadiri Irawati, Untung Wicaksono, dan Renta Marinto. Hadir pula pada pertemuan tersebut, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan Sekretaris Daerah Sumastro, Kepala OPD, Kepala Cabang Bank Kalbar Singkawang, Kepala Kantor Pertanahan kota Singkawang dan undangan lainnya.

Irawati mengatakan tim Direktorat Korsup Wilayah III KPK yang pada saat itu hadir berfokus pada pendampingan atau kemitraan dengan Kementerian Lembaga maupun Pemerintah Daerah dalam hal tata kelola pemerintahan.

“Kedatangan kami hari ini adalah sebagai mitra Pemerintah kota Singkawang, bukan sebagai penyidik atau auditor. Khususnya, terkait masukan ataupun kendala-kendala yang ditemui pemerintah daerah. Kami mempunyai tools yaitu Monitoring Center Prevention (MCP) yang meliputi 8 program intervensi, yaitu APIP, perizinan, perdagangan barang dan jasa, perencanaan dan penganggaran APBD, manajemen ASN, tata kelola dana desa, optimalisasi pendapatan daerah, dan manajemen aset daerah.” Jelas Irawati.

Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro mengapresiasi kedatangan tim Direktorat Korsup Wilayah III KPK pada giat rakor MCP dan monev tematik pendapatan, asset, perijinan, pengadaan, dan manajemen ASN Pemerintah kota Singkawang ini.

Ia mengatakan pendampingan tim Direktorat Korsup Wilayah III KPK ini membantu kesungguhan Pemerintah kota Singkawang untuk mewujudkan rencana aksi. Ia berharap kepada perangkat daerah Kota Singkawang yang dinilai belum menunjukkan indikasi kinerja yang jelas agar menyusun rencana aksi yang terukur, baik pokok pekerjaan dan target waktu pencapaiannya.

“Pada 8 program intervensi tersebut, hal-hal yang berkaitan dengan agenda Pemerintah kota Singkawang menjadi lebih jelas dan bersih. Dengan begini, jika ada indikasi kinerja OPD yang dinilai belum maksimal, kedepannya dapat memberikan kontribusi yang maksimal. Mudah-mudahan, perkembangan kita dinilai positif dengan adanya keseriusan yang dilakukan oleh Pemerintah kota Singkawang melalui OPD terkait.” Kata Sumastro.

Sementara, Wakil Wali Kota Irwan menyambut baik kedatangan tim Direktorat Korsup Wilayah III KPK pada rapat koordinasi ini. Irwan mengatakan pendampingan atau kemitraan ini dapat membantu mengantisipasi pelayanan yang kurang maksimal kepada masyarakat kota Singkawang.

Ia mengatakan bahwa pencapaian MCP kota Singkawang saat ini berada situasi yang baik (zona hijau). Irwan pun mengingkatkan agar tidak cepat puas dengan pencapaian yang ada. Melalui rapat koordinasi ini diharapkan pula agar perangkat daerah terkait dapat menjalin koordinasi yang baik dengan tim Direktorat Korsup Wilayah III KPK.

“MCP kota Singkawang saat ini berada di zona hijau. Namun, kita tidak bisa cepat puas dan perlu langkah-langkah yang baik kedepannya untuk mempertahankan pencapaian ini. Tentunya, rapat koordinasi ini adalah upaya yang baik untuk bersama-sama mencari solusi terhadap kendala-kendala yang ditemui.” Ungkap Irwan.

Government Public Relations