Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang menerima penghargaan dari Kementerian Agama RI atas komitmen dan perhatian pemerintah kepada penyuluh agama islam. Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Wali kota Singkawang Irwan.

“Penghargaan yang diterima ini merupakan komitmen dan perhatian pemerintah daerah kepada penyuluh agama islam baik yang PNS maupun yang Non PNS,” kata Irwan, Kamis (22/8/2019).

Irwan mengatakan bahwa penyuluh agama islam adalah ujung tombak bagi dakwah islam. Penyuluh agama islam ini, kata Irwan berperan sebagai panutan, teladan sekaligus sebagai rujukan dan tempat bertanya masyarakat tentang hal ikhwal keagamaan.

“Penyuluh harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Harus selalu mencari jawaban atas persoalan-persoalan ummat yg komplek di tengah masyarakat. Oleh karena itu penyuluh agama harus selalu berinovasi, menguasai IT dan materi kekinian yg dapat diaplikasikan,” katanya.

Secara terpisah, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak penyuluh agama Islam di Indonesia untuk mendakwahkan Islam sebagai agama yang menebarkan salam dan kedamaian.

“Agama itu mengajak kebajikan. Mari bawakan Islam dan dakwahkan Islam sebagai agama yang menebarkan salam dan kedamaian kepada siapa pun di mana pun dan kapan pun. Dakwah itu mengajak, bukan sebaliknya, agama membuat kita saling terpisah-pisah,” kataya.

Ia pun menyebut Islam adalah agama kemanusiaan dan hadir untuk mengangkat harkat martabat kemanusiaan sesuai perkembangan peradaban zaman. Inti ajaran Islam adalah kemanusiaan.

“Saya mengajak kepada penyuluh. Saudaralah yang berada di garda terdepan untuk senantiasa menjaga dan memelihara warisan peninggalan yang baik baik dari para pendahulu,” ujarnya

MC. Kota Singkawang