Bagikan

Singkawang, MC – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Singkawang menggelar Rakor Pengelolaan Sampah di kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (19/2/2020).

Kepala Dinas LH, Emi Hastuti mengatakan rakor ini memiliki tujuan menyamakan persepsi antara pemerintah, stakeholder, dan unsur masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen melakukan pengelolaan sampah dengan mandiri dan bertanggung jawab.

“Tujuannya untuk mengikat komitmen perangkat daerah dalam pengelolaan sampah dengan baik dan bertanggung jawab yang dituangkan dalam komitmen bersama,” katanya.

Kebijakan pengelolaan sampah yang diterapkan pemerintah saat ini belum mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat. Seperti membuang sampah sesuai jadwal, tidak membuang sampah disembarang tempat dan membayar retribusi pelayanan persampahan.

“Ini semua dilakukan sebagai bentuk partisipasi aktif masyarakat untuk mewujudkan Singkawang bersih dan bebas sampah,” ujarnya.

Sementara, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangungan dan Keuangan, Dwi Putra Sumarna mengatakan Pemkot Singkawang sebagai inisiator mengajak seluruh elemen masyarakat pada HPSN 2020, untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis,” katanya.

Ia mengapresiasi dan mendorong upaya kerjasama pemerintah dan masyarakat dalam peningkatan kinerja di bidang pengelolaan persampahan.

“Peran aktif masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam pengelolaan sampah. Kita mulai dari rumah tangga masing-masing,” ujarnya.

Dwi mengungkapkan kebersihan Kota Singkawang menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama. Sehingga akhirnya Singkawang bebas sampah 2020 dapat terwujud,” ungkapnya.