Bagikan

Singkawang, MC – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1202-07/Seluas Kodim 1202/Singkawang membangun jamban sebagai realisasi program jambanisasi bagi masyarakat yang kurang mampu, di Dusun Plangor, Desa Kalon, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Minggu (16/6/2019).

Komandan Kodim 1202/Singkawang Letkol Arm Viktor J.L Lopulalan mengatakan pembangunan jamban yang berada di desa tersebut bertujuan untuk membantu dan mengatasi kesulitan warga yang belum memiliki jamban, agar tercipta lingkungan sehat, bersih dan nyaman.

“Selain itu juga mendukung upaya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat,” katanya.

Cool

Menurut Dandim, pembangunan jamban yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1202-07/Sls kali ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Dengan menggunakan bahan seadanya pembangunan jamban ini juga untuk memberikan contoh bagi masyarakat lainnya agar berprilaku hidup sehat dengan tidak Buang Air Besar (BAB disembarang tempat.

“Membangun jamban tidak harus dengan bangunan permanen yang membutuhkan biaya yang besar, kita bisa menggunakan peralatan yang sederhana seperti papan bekas,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Dandim juga menyampaikan, bahwa pembangunan jamban tersebut agar masyarakat hidup sehat dan terhindar dari dampak buruk bagi lingkungan yang kotor.

“Dampak BAB sembarangan sangat buruk bagi kesehatan dan keindahan serta dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit menular,” kata Dandim.

MC. Kota Singkawang