Bagikan

Singkawang, MC – Kodam XII Tanjungpura melakukan pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid 19 serentak di wilayah jajaran Kodam XII Tanjungpura, Senin (2/11/2020).

Di Kota Singkawang pencanangan dilaksanakan di Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat dihadiri Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Dandim 1202 Singkawang, Letkol Inf Condro Edi Wibowo, Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, Camat Singkawang Barat, Yulianus, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perwakilan RT.

“Kodam XII Tanjungpura merupakan komartemen strategis TNI AD yang sekaligus tergabung sebagai komando tugas gabungan terpadu mempunyai visi melaksanakan percepatan dalam rangka penanganan covid 19,” kata Dandim 1202 Singkawang, Letkol Inf Condro Edi Wibowo saat membacakan sambutan Pangdam XII Tanjungpura.

Dalam sambutannya Pangdam mengatakan kegiatan ini dalam rangka penanggulangan penyebaran covid 19 yang merupakan
bagian dari pelaksanaan Bhakti TNI untuk menangani masalah-masalah sosial dan kemanusiaan, yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik.

“Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga diharapkan dapat terjadi perubahan status menjadi daerah zona hijau baik di wilayah Kalbar maupun Kalteng,” katanya.

Menurtnya, Koopsdam XII/Tpr selaku penanggung jawab pelaksanaan Satgas Covid-19 bersama seluruh komponen masyarakat di wilayah Provinsi Kalbar dan Kalteng sudah melaksanakan beberapa langkah-langkah dalam menekan jumlah terkonfirmasi Covid-19.

“Diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan, melaksanakan gerakan pendisiplinan di tiap-tiap wilayah, melaksanakan Lomba Desa Mandiri Sehat di wilayah Kalbar dan
Lomba Desa Sehat di wilayah Kalteng,” ujarnya.

Penerapan adaptasi kebiasaan baru
di tengah pandemi Covid-19 tetap harus
berpedoman pada protokol kesehatan yaitu,
memakai masker, menjaga jarak dan mencuci
tangan. “Saya mengajak kepada kita sekalian untuk hidup lebih sehat dengan secara terus menerus menegakkan disiplin protokol kesehatan,” ajaknya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XII/Tpr yang telah mencanangkan satgas desa tangkal Covid 19.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Singkawang bersama Gugus Tugas Covid 19 telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19. “Mulau dari penyemprotan disinfektan massal, pembagian masker, sosialisasi dan himbauan hingga penegakan disiplin protokol kesehatan,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia berharap dengan adanya satgas desa tangkal menjadikan masyarakat semakin bersemangat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. “Kita targetkan bulan Desember ini Kota Singkawang berada di zona hijau,” harapnya.