Bagikan

Singkawang, MC – Kelurahan Semelagi Kecil Kecamatan Singkawang Utara masuk enam besar nominasi Lomba Halaman Asri Teratur dan Nyaman (HATINYA) PKK Tingkat Nasional dalam rangka HKG PKK ke-47.

Kelurahan Semelagi Kecil terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk bersaing di tingkat nasional. Penilaian Lomba HATINYA PKK Tingkat Nasional digelar di RT 12, Kelurahan Semelagi Kecil Kecamatan Singkawang Utara, Kamis (27/6/2019).

Ketua Tim Verifikasi, Arolis Mubyarlaras mengatakan senang bisa melakukan verifikasi di Kelurahan Semelagi Kecil ini. Ia memuji keasrian dan keramahan warga yang ada. Apalagi, kata dia, semangat gotong royong masyarakat dalam yang senantiasa terjaga dalam menciptakan lingkungan yang bersih, asri, nyaman seperti ini.

“Kita apresiasi kinerja warga yang dibantu semua pihak. Singkawang itu sudah menang tapi peringkatnya berapa belum tahu,” ujar Arolis.

Arolis tidak sendiri, ia didampingi tim verifikasi lainya yakni Djuraini Haida, serta dua orang dari perwakilan PKK Provinsi Kalbar, Alvira Hamid dan Nurul Eka. Mereka juga didampingi Wakil Walikota Singkawang Irwan dan Ketua PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni.

Lomba HATINYA PKK ini, kata Arolis, dalam rangka mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan cara menanam berbagai tumbuhan, tujuannya HATINYA PKK ini guna ketahanan pangan keluarga.

“Melalui program ini maka kita tidak akan kesulitan lagi untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, baik itu tanaman sayur-sayuran, buah-buahan hingga tanaman obat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengatakan masyarakat Singkawang harus berbangga karena Singkawang mewakili Kalbar untuk HATINYA PKK tingkat nasional. “Semoga menang dengan angka paling kecil,” ujar Irwan.

Hal tersebut lantas diaminkan oleh seluruh tamu undangan yang hadir. Irwan menganggap apa yang diraih patutlah disyukuri. Apapun hasilnya, kata dia, tentu tujuan adanya HATINYA PKK sudah terpartri dalam kehidupan masyarakat.

“Buktinya masyarakat memanfaatkan perkarangan rumah dengan berbagai tumbuhan bermanfaat bahkan salah satunya menanam Keladi yang dijadikan komoditas beharga guna membantu ekonomi keluarga,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Semelagi Kecil Kecamatan Singkawang Utara, Kusnadi mengatakan apa yang dicapai merupakan berkat berkat kerja keras para kader Dhasa Wisma, kader-kader PKK, Ketua RT, LPM, dan terutama warga khususnya RT 12.

“Jadi sampai malam malam pun mau melakukan pembenahan lingkungan termasuk bapak-bapaknya. Jadi kita masuk enam besar nasional ini bangga sekali,” katanya.

Ia mengatakan persiapan pihaknya sudah dilakukan sejak Janurari 2019, tanaman perkarangan yang ada ini sudah lama ada dan dirawat. Selain itu pihaknya juga mendapatkan bantuan dalam pembinaan seperti dari penyuluhan pertanian dalam hal tanaman obat, serta lainya. Termasuk pembinaan yang tak henti mulai dari PKK Kecamatan, Kota hingga PKK provinsi.  

“Harapannya juara. Tapi apakah juara atau tidak sudah masuk nominasi tingkat nasional kami sudah bersyukur, yang jelas kedepan agar pembinaan jalan terus, seperti apa yang perlu kader kader PKK dan lainya berbuat untuk lebih baik. Siapa tahu kedepannya kami bisa diunggalkan kembali tingkat nasional,” katanya.

MC. Kota Singkawang