Bagikan

Singkawang, MC – Kelulusan sekolah tingkat SMP, Kota Singkawang menempati peringkat kedua untuk tingkat Kalbar setelah Kota Pontianak, yang pada tahun sebelumnya Singkawang, menempati peringkat ketiga setelah Kabupaten Sintang.

“Tahun ini kelulusan sekolah untuk Kota Singkawang naik peringkat untuk tingkat Kalbar,” kata Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Safari Hamzah, Kamis (30/5/2019).

Kemudian untuk sekolah dengan peringkat pertama untuk Kota Singkawang, yaitu SMP Negeri 3 Singkawang.

Disusul peringkat kedua SMP Swasta BIAM, peringkat ketiga SMP Swasta Pengabdi, peringkat keempat SMP Swasta Bruder, peringkat kelima SMP Swasta Asoka, dan peringkat keenam MTs Negeri Singkawang.

Safari mengatakan untuk nilai tertinggi, yaitu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia diraih SMP Negeri 3 Singkawang, mata pelajaran Bahasa Inggris diraih SMP Swasta BIAM, Matematika diraih SMP Negeri 3 Singkawang dan IPA diraih SMP Asoka.

“Memang pada tahun ini, sekolah-sekolah swasta peringkatnya mengalami peningkatan,” ungkap Safari.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Singkawang, Jaka Kelana mengaku berbangga dengan hasil ujian dan kelulusan untuk jenjang SMP.

“Alhamdulillah Kota singkawang mendapat peringkat kedua se-Kalbar,” katanya.

Jaka memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada guru-guru, kepala sekolah, para siswa, orangtua, masyarakat terlebih juga kepada pihak Dinas Pendidikan.

Semua pihak bekerja keras dan bekerja sama dengan baik hingga menghasilkan prestasi yang baik pula.

Ia menilai untuk dapat meraih peringkat satu di tahun depan, tentunya harus ada strategi dan motivasi yang tinggi dari semua pihak.

Ia yakin hal tersebut bisa dicapai, walau memang cukup berat, tapi bukanlah mustahil. Buktinya untuk jenjang SMK Kota Singkawang bisa meraih peringkat 1.

Dua komponen utama yang sangat menentukan untuk meraih peringkat satu yakni guru dan siswa harus benar-benar mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi

Namun tentunya dengan dukungan kepala sekolah, Dinas Pendidikan, Pemerintah Kota Singkawang, orang tua dan masyarakat.

Semua jenjang sekolah TK, SD, SMP, SMA dan SMK diharapkan dapat meningkatkan prestasi. 

Jaka berharap ke depan Singkawang bisa menjadi kota pelajar. Jogjanya Kalimantan Barat adalah Singkawang.

MC. Kota Singkawang