Bagikan

Singkawang, MC – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Singkawang bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menggelar Pelatihan Konfigurasi Internet LAN -WiFi dan manajemen bandwidth di Telematics Control Management (TCM) Room, Kamis (3/12/2020).

Pelatihan yang diberikan tim Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) kepada 30 masyarakat Kota Singkawang dibuka oleh Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan.

Irwan mengungkapkan dimasa seperti saat ini, masyarakat dituntut untuk melek terhadap teknologi dan kemampuannya dalam mengakses informasi.

“Karena di era milenial ini kemajuan informasi dan teknologi serta komunikasi sangat dibutuhkan kapasitas dan kemampuan dalam mengakses internet,” ujarnya.

Ia juga memberikan saran agar peserta APJII di Kota Singkawang dapat menjadi anggota trainer.
 
“Direview dan kasih penilaian kalau peserta prestasi dibawa untuk mengikuti workshop APJII,” ujar Irwan.

Ketua APJII, Jamalul hadir yang mengikuti kegiatan ini secara virtual mengatakan agar setelah pelatihan ini diberikan, peserta juga dapat menjadi trainer bagi masyarakat.

“Peserta training sekarang bisa menjadi trainer untuk masyarakat sekitarnya,” ujar Jamalul.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Singkawang, ahyadi mengungkapkan kegiatan pelatihan ini harusnya dilaksanakan pada bulan maret lalu, tapi ditunda karena pandemi covid-19 .

“Sebenarnya kegiatan ini akan dilaksanakan bulan maret 2020 karena situasi dan kondisi covid-19 kita undur hingga dilaksanakan saat ini,” ujar Ahyadi.

Untuk kedepannya, Ahyadi berharap akan ada pelatihan lainnya bagi masyarakat Kota Singkawang.

“Untuk kedepan mungkin kami bisa berharap kepada APJII untuk dapat memprogramkan kegiatan seperti ini atau yang lain untuk dilaksanakan di Kota Singkawang sebagai tindak lanjut mou antara pemerintah Kota Singkawang dengan APJII,” ujarnya.