Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang bersama Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu (PFKPM) singkawang berinisiasi membuat beduk raksasa untuk memeriahkan suasana ramadhan 1441 hijriah.

Beduk berukuran 3.5 meter x 1.74 meter ini rencananya akan dipajang di depan Masjid Raya Singkawang dalam rangka memeriahkan bulan suci ramadan dan idul fitri 1441 hijriah tahun 2020.

Wali Kota Singkawang, Tjhai chui mie mengatakan agenda tahunan seperti singkawang ramadhan fair juga digelar, namun tidak dalam bentuk mengumpulkan banyak orang.

“Formatnya tengah dibahas intensif bersama panitia guna memeriahkan suasana ramadan tetap terasa sambil tetap mengikuti aturan-aturan pembatasan sosial,” katanya, Jumat (10/4/2020).

Ia mengungkapkan beduk raksasa ini akan dipajang sebelum memasuki bulan suci Ramadan. “Kita targetkan H-3 puasa harus sudah dipajang,” ungkapnya.

Terpenting kata Dia, momentum bulan penuh berkah yang segera hadir tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh umat muslim untuk beribadah serta memanjatkan doa agar pandemi covid-19 segera sirna.

Sementara panitia pembuatan beduk, Muhammadin mengatakan, lebar beduk raksasa ini sekitar 1,74 meter dengan panjang 3,5 meter. Sehingga total diameternya sekitar 4,5 meter.

Inisiatif pembuatan beduk ini, agar pada bulan suci Ramadan masyarakat Muslim harus tetap semangat dalam melaksanakannya, meskipun pada pelaksanaannya nanti masih dalam kondisi pandemi Covid-19.