Bagikan

Singkawang, MC –Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan kehadiran dan peranan pers begitu penting sebagai sumber informasi terpercaya bagi Pemerintah dan masyarakat suatu daerah. Hal itu disampaikan Tjhai Chui Mie pada acara Syukuran Hari Pers Nasional tahun 2021 Provinsi Kalimantan Barat di rumah jabatan Wali Kota, Jumat (26/3/2021) malam.

“Tanpa pers, saya menyakini jalinan informasi antar Pemerintah dan masyarakat tidak akan terwujud. Di sinilah, kita benar-benar merasakan manfaat dari arus informasi yang beredar, khususnya mengenai pemberitaan penyebaran virus COVID-19. Informasi ini menjadi acuan dan panduan Pemerintah kota Singkawang untuk bergerak melawan COVID-19 yang masih berlangsung,” Ujarnya.

Dalam hal ini, Pemerintah kota Singkawang pun terus mensosialisasikan gaya hidup bersih, penerapan protokol kesehatan, dan vaksinasi. Peranan pers menghalau segala pemberitaan hoaks yang beredar di dunia maya, khususnya di kalangan masyarakat. Tjhai Chui Mie pun mengapresiasi kolaborasi wartawan Kota Singkawang yang turut menjadi mitra dalam memerangi  COVID-19 di ranah informasi.

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman pers kota Singkawang sebagai mitra Pemerintah yang turut memerangi COVID-19. Berita-berita terpercaya dari teman-teman pers terkait COVID-19, menjadi perpanjangan tangan Pemerintah kota Singkawang dalam mendorong masyarakat agar tidak takut divaksin dan menerapkan protokol kesehatan 5M dan 3T.” ujarnya.

Ia mengatakan Pemerintah selaku regulator kebijakan memerlukan informasi dan publikasi yang berjalan beriringan dengan pembangunan kota Singkawang menuju “Singkawang Hebat”. Hal ini juga dihadapkan dengan percepatan arus informasi di era globalisasi. Profesionalisme ini membuat masing-masing pemangku kepentingan bergerak sesuai fungsinya dalam suatu sinergitas yang berkesinambungan.

Tjhai Chui Mie mengucapkan terima kasih kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat yang telah memilih Kota Singkawang untuk menggelar acara syukuran peringatan Hari Pers Nasional ini.

“Terimakasih atas dukungan PWI Kalimantan Barat, baik secara langung atau tidak langsung, yang mengantarkan saya sebagai Wali Kota Singkawang yang meraih dan dinobatkan sebagai penerima anugerah kebudayaan PWI Pusat tahun 2021,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih peran aktif masyarakat dan pemangku kepentingan Kota Singkawang dalam melestarikan identitas dan kebudayaan Kota Singkawang yang berharga. Ia juga mendedikasikan penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021 ini kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang.

“TIdak lupa, saya juga berterimakasih kepada masyarakat kota Singkawang dan setiap pemangku kepentingan lainnya yang sudah mendukung dan berperan aktif menjaga serta melestarikan kebudayaan di kota Singkawang ini. Ada 17 Paguyuban di kota Singkawang yang turut berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan yang baik ini. Penghargaan Anugerah Kebudayaan ini saya dedikasikan kepada masyarakat sebagai pencapaian kita bersama,” katanya.