Bagikan

Singkawang, InfoPublik – Publikasi dan dokumentasi menjadi hal yang sangat penting bagi pemerintah dalam membangun persepsi dan partisipasi masyarakat untuk mendukung program/kegiatan yang belum dan yang telah berjalan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Singkawang, Sumastro saat membuka pelatihan Jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Dangau, Rabu (30/10/2019).

Sumastro mengatakan ASN perlu memahami dunia jurnalistik agar publikasi dan dokumentasi informasi publik berlangsung secara akurat, rapi, menarik dan akuntabel dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Publikasi dan dokumentasi menentukan kinerja pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembentukan citra pemerintah di mata masyarakat,” katanya.

Ia berharap dengan pelatihan ini dapat memberikan wawasan pengetahuan jurnalistik dasar bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang sehingga nantinya mampu mengelola informasi, publikasi serta dokumentasi program dan kegiatan agar lebih akurat sebagai bahan informasi publik di unit kerja masing-masing.

“Saya mengajak kepada kita semua, untuk memberikan pelayanan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, karena posisi kita sekarang adalah sebagai pelayan masyarakat, pemberian informasi yang akurat, cepat dan tiap OPD dapat berkontribusi berita untuk mengimbangi pemberitaan negative di pemerintah Kota Singkawang karena ini merupakan bagian dari kewajiban selaku aparatur kepada publik,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang, Ahyadi mengatakan Dinas Kominfo memiliki Media Center sebagai tempat bertukar informasi dan berkomunikasi yang berkaitan dengan beragam isu strategis atau isu lokal lembaga publik.

Media Center, kata Dia dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat, cepat, mudah dan terjangkau.

“Selain itu media center juga dapat menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya, serta komunikasi dan informasi antar masyarakat,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan pelaksanaan tugas lembaga pemerintah daerah khususnya dalam penyebarluasan informasi untuk kebutuhan publik, Ahyadi berharap ASN yang mengikuti pelatihan ini menjadi jurnalis di OPD nya masing-masing dengan menginformasikan setiap program atau kegiatan baik berupa rilis berita ataupun agenda kegiatan.

“Kepada jurnalis disetiap dipersilahkan menyampaikan informasi kegiatan di masing-masing OPD baik berupa rilis berita maupun foto ke Dinas Kominfo. Informasi yang disampaikan nantinya akan dikelola oleh tim media center dan selanjutnya dipublikasikan kepada masyarakat,” katanya.

MC. Kota Singkawang